Pajak 5 Tahunan Kendaraan Luar Daerah Bisa Diurus Di mana Saja

Pengurusan pajak motor rutin dilakukan setiap tahun. Namun untuk tahun kelima biasanya pembayaran pajak dibarengi dengan penggantian STNK dan Plat Nomor Kendaraan. Penggantian tersebut membutuhkan cek fisik kendaraan untuk melakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang akan diurus pajaknya.

Beberapa kendala yang mungkin dihadapi oleh pemilik kendaraan yang ingin mengurus pajak kendaraannya ialah kendaraan tersebut tidak berada di kota asalnya. Seperti di Sleman ini, banyak mahasiswa dan pekerja luar daerah membawa kendaraan dari daerah asalnya.

Masalah tersebut sebenarnya bukan hal yang rumit karena semua pemilik kendaraan bisa mengurus pajak lima tahunan dan cek fisik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) kota manapun meski bukan daerah asal kendaraan bermotor tersebut.

IPTU Arfita Dewi selaku Kanit Regident Satlantas Polres Sleman mengatakan untuk kendaraan luar daerah, pemilik kendaraan dapat melakukan cek fisik bantuan dengan membawa STNK, BPKB, dan KTP untuk melakukan cek kendaraan antara fisik dan surat-suratnya.

“Pemilik kendaraan bisa datang ke unit BPKB Polres Sleman untuk melaksanakan cek fisik bantuan dengan membawa syarat-syarat yaitu membawa BPKB, STNK, dan KTP untuk melakukan cek kendaraan antara fisik dan surat-suratnya. Setelah dicek fisik, disahkan kemudian hasil dari cek fisik dikirim ke kota asal untuk melaksanakan pajak tanpa harus membawa kendaraannya,” ujar Fita saat ditemui di Kantor Samsat Sleman pada Jumat (28/2/2020).

Pengecekan fisik tersebut tidak dipungut biaya apapun. Pemilik kendaraan hanya mengurus berkas cek fisik kemudian berkas tersebut bisa dikirim ke kota asal kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak serta penggantiaan STNK dan plat nomor kendaraan.

“Pengurusan pajak lima tahunan juga bisa diurus secara online. Namun sistem online tersebut saat ini hanya bisa dilakukan untuk wilayah satu provinsi. Contohnya daerah Bantul bisa dibayar di Sleman asalkan persyaratannya terpenuhi,” tambahnya. (Rep Ifan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts