Panwascam Terlantik Siap Kawal Pilbup Sleman 2020

Gamping – Pengambilan sumpah dan janji 51 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020 telah dilaksanakan di hadapan Ketua dan Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Senin (23/12/2019).

Kegiatan yang digelar di Ballroom Sidomukti Hotel Grand Keisha, Condongcatur, Kabupaten Sleman dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, didampingi Komisioner Bawaslu Sleman, Vici Herawati, Ibnu Darpito, Arjuna Al-Ihsan Siregar, dan Sutoto Jatmiko. Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner Bawaslu Daerah Istimewa Yogyakarta, Sutrisnowati, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Aswino Wardhana, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sleman, Hery Dwikuryanto, Kapolres Sleman, Komandan Kodim Sleman, Camat se-Kabupaten Sleman, serta Sekretaris Bawaslu Sleman, Suparno, beserta jajarannya.

Setelah prosesi pelantikan selesai, Ketua Bawaslu Sleman menyampaikan bahwa proses seleksi Panwascam cukup panjang dengan melalui tiga tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, Computer Assisted Test, dan wawancara, ditambah masukan masyarakat berkaitan dengan rekam jejak dan integritas setiap calon. “Panwascam terlantik berasal dari 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman dengan komposisi 39 orang laki-laki dan 12 orang perempuan seperti tertuang dalam Surat Keputusan Nomor : P.021/BAWASLU-KAB.SLM/HK.01.01/12/2019 tanggal 23 Desember 2019. Selanjutnya mereka akan mengikuti bimbingan teknis dan akan bertugas sejak dilantik dalam pengawasan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman yang akan dilakukan pemungutan suara 23 September 2020 mendatang,” tutur Karim Mustofa.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu DIY, Sutrisnowati menyampaikan amanat dari Ketua Bawaslu Republik Indonesia terkait dengan pelantikan Panwascam di Kabupaten Sleman. “Bawaslu RI mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Sleman yang telah melaksanakan seleksi Panwascam secara online yang berbeda dengan proses seleksi sebelumnya. Panwascam terpilih merupakan orang-orang pilihan yang memenuhi ekspektasi Bawaslu diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya, serta menjaga integritas dan kredibilitasnya untuk menjaga nama baik keluarga besar Bawaslu dengan selalu tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Sutrisnowati bersemangat.

Dalam kesempatan ini, Hery Dwi, Kepala Bakesbangpol Sleman mengapresiasi atas pelantikan ini sekaligus berpesan kepada Panwascam terlantik agar bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan arahan Bawaslu Sleman. “Sebagai anggota Panwascam yang sudah diambil sumpah dan janjinya, yang diberi amanah dan tanggung jawab, memiliki hak dan kewajiban, memiliki kewenangan dalam mengawal tahapan pemilihan agar berjalan dengan aman dan lancar sampai terpilihnya bupati dan wakil bupati sleman secara demokratis harus melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Saya harap anggota Panwascam dapat menjaga integritasnya dan berkoordinasi dengan para Camat dalam menjalankan tugas pengawasan pemilihan,” pesan Hery Dwi. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec. Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts