Panwasludes Gamping Resmi Dilantik Siap Awasi Tahapan Pemilihan

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Gamping menyelenggarakan kegiatan pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Desa (Panwasludes) di hadapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat Balai Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Jumat (13/3/2020).

Prosesi pelantikan dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Sleman, Arjuna Al-Ikhsan Siregar, Kepala Sekretariat Panwaslucam Gamping, Harley Benyamin Joshua, Camat Gamping, Ikhsan Waluyo, Kanit Binmas Polsek Gamping, Iptu. Y.Ponidi, Babinsa Trihanggo, Sertu. Sugiyono, Bhabinkamtibmas Trihanggo, Aiptu Rusmanto, serta Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo.

Pengambilan sumpah dan janji sebagai panwasludes dipimpin oleh Ketua Panwaslucam Gamping, Kusyamto didampingi Rohaniwan yang juga menjabat Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Gamping, Imam Syafingi dilanjutkan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan Panwasludes terlantik dari Balecatur, Suranto di hadapan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Arjuna Al-Ikhsan Siregar menegaskan bahwa konteks kerawanan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati ini tidak hanya dipotret dari aspek keamanan saja karena kualitas pemilihan yang baik juga ditentukan oleh aspek pelaksanaan, aspek penyelenggara, dan teknis di lapangan, termasuk partisipasi peserta dan pemilih turut menentukan tingkat kerawanan.

“Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kerawanan di Sleman yang memiliki indeks kerawanan pemilu di peringkat 37 nasional dan peringkat 10 di Pulau Jawa. Indeks kerawanan ini merupakan alat bantu untuk betugas di lapangan. Panwasludes adalah pihak yang paling dekat dengan masyarakat, harus mengetahui bagaimana mencegah terjadinya pelanggaran di masyarakat, dan melakukan sosialisasi terhadap peserta pemilu dan masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran. Panwasludes harus mengantisipasi pelanggaran, dan berkoordinasi dengan pihak terkait, yaitu Muspika, dan PPK sebagai mitra penyelenggara pemilihan,” ungkap Arjuna.

Sesuai dengan lampiran Keputusan Panwaslucam Gamping Nomor : P.001/PANWASLU-KEC.GMP/HK.01.01/03/2020 tanggal 13 Maret 2020 daftar nama Panwasludes terlantik adalah Suranto (Desa Balecatur), Wancono (Desa Ambarketawang), Rizal Hartono (Desa Banyuraden), Anggita Pramono Djati (Desa Nogotirto), serta Suci Dwi Prastiwi (Desa Trihanggo) yang bertugas mulai 13 Maret 2020 hingga berakhirnya tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati sleman. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts