Partisipasi Masyarakat Lewat Donasi Buku untuk Perpustakaan

Ngaglik – Ditemui di Kantor Sekretaris Desa pada Jumat (11/1/2019), Yuliani, salah satu inisiator berdirinya perpustakaan bercerita.

 “3 tahun setelah dirintis, sebagai buah dari kerja keras dan support berbagai pihak, dengan dimotori oleh Ari (Karang Taruna) dan Hadi Subronto (Kades), Perpustakaan Generasi Sukoharjo Cerdas berhasil memenangi beberapa penghargaan dan kejuaraan,” terangnya.

Di tingkat Kabupaten Sleman, pada bulan April 2017, Perpustakaan Generasi Sukoharjo Cerdas keluar sebagai juara I perpustakaan desa terbaik, pada Agustus 2017 juga meraih juara I tingkat provinsi DIY, dan puncaknya, pada September 2017 berhasil menyabet juara II lomba perpustakaan kategori umum tingkat nasional.

“Jalan untuk mengelola keberlangsungan perpustakaan cukup berliku dan terjal bagi kami, salah satu kendala terbesar adalah regenerasi buku-buku baru yang lebih fresh, variatif dan sesuai perkembangan zaman,” cerita Yuli.

Beruntung, menurut Yuli, Sukoharjo mempunyai masyarakat yang sadar akan pentingnya perpustakaan dan kemudian ikut berperan aktif mendonasikan buku-buku mereka. “Selain pribadi, kami beberapa kali juga menerima donasi buku dari lembaga dan Yayasan,” tambahnya.

Namun, mengingat keterbatasan tempat, dengan berat hati pengurus perpustkaan pun perlu melakukan seleksi atas donasi buku yang masuk. “Tidak semua langsung kita pajang dan tawarkan ke pengunjung. Biasanya tim menyortir buku-buku tersebut berdasar unsur kebaruan dan kontennya apakah relevan dengan kebutuhan pengunjung yang saat ini didominasi ibu rumah tangga, siswa PAUD hingga SMU dan juga guru,” jelasnya.

Suthup Wigati, Bunda di KB Cahaya Mulia Klidon yang merupakan salah satu pengunjung rutin mempunyai kesan yang baik mengenai perpustakaan desa ini, “Prosedur pinjamnya tidak ribet, petugasnya baik, tempatnya juga representatif untuk membaca di tempat. Sewaktu kami mengajak anak didik ke sana pun, mereka juga tampak antusias mendengar cerita dongeng yang dibawakan kak Emi dan kak Rosa selaku pendamping perpustakaan,” ujar Wigati.

Wigati berharap semoga perpustakaan ini bisa terus eksis, berkembang, membantu menyediakan buku-buku pengetahuan yang berguna bagi masyarakat. (DHI)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts