Pasar Lebaran, Peluang Pasar UMKM di Kabupaten Sleman

Pandemi COVID-19 sangat memukul kondisi usaha para pelaku UMKM. Guna menindaklanjuti hal tersebut, bertepatan menyambut Hari Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Pasar Lebaran dengan tema “Ayo Borong Bareng Produk UMKM Sleman” pada 29 April – 2 Mei 2021 di Area Garden Sleman City Hall (SCH). Pasar Lebaran ini akan dibuka mulai pukul 10.00 – 22.00 mengikuti jam buka mall.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo mengungkapkan tujuan diadakannya Pasar Lebaran ini untuk memfasilitasi UMKM memasarkan produk, sekaligus mengajak dan menumbuhkan minat masyarakat membeli produk UMKM binaan Pemkab Sleman.

Sebanyak 100 stand akan disediakan untuk mengisi kegiatan tersebut, dimana peserta yang ikut memeriahkan berasal dari 141 UKM yang tergabung dalam Forum Komunikasi (Forkom) UMKM 17 kapanewon se Sleman dan Komunitas Perupa Sleman. “141 UKM terdiri dari produk fashion dan craft sejumlah 98, kuliner sejumlah 39, dan pameran tanaman hias,” ungkap Pustopo saat jumpa pers di Pendopo Parasamnya Setda Sleman, Selasa (27/4/2021)

Selain meningkatkan konsumsi masyarakat pada produk lokal, kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai momen penjualan sembako murah. Hal tersebut dikarenakan selama pandemi dan jelang lebaran harga sembako dan pangan kerap mengalami kenaikan harga. Oleh sebab itu, keberadaan sembako murah ini dirasa menajdi daya tarik masyarakat untuk datang dan membeli produk.

“Untuk menghadirkan orang datang, kami jual sembako murah. Yang pertama adalah gula pasir nanti maksimal beli 2kg dengan harga perkilo 10.000, nanti perharinya kita siapkan 1,5 kwintal. Yang kedua ada beras kemasan 2,5kg harga 22.000, perhari disiapkan 2 kwintal. Kita juga jual minyak goreng 2L seharga 23.000 dengan persediaan 160L perhari. Kemudian telur ayam perkilo 20.000,” ujar Pustopo.

Lebih lanjut, Pustopo menuturkan bahwa guna menarik minat pengunjung, perhelatan ini nantinya juga akan diisi dengan beragam rangkaian kegiatan. Diantaranya ialah aneka perlombaan bagi anak-anak berupa lomba mewarnai bagi siswa TK, fashion show usia 4-7 tahun, dan menyanyi usia 6-13 tahun, hingga lomba untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Terdapat pula program Talkshow dan Live Music yang dapat dinikmati sembari ‘Ngabuburit’.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Pasar Lebaran kali ini rencananya juga dilaksanakan secara online. Dengan begitu, masyarakat memiliki kesempatan lain untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. “Kami juga akan menyelenggarakan Pasar Lebaran dengan sistem daring tanggal 29 April – 21 Mei. Harapannya kalau tidak sempat bertransaksi tanggal 29 April – 2 Mei, masyarakat bisa mengakses produk UMKM secara daring,” tutur Pustopo.

“Sistem pameran online ini, pembeli bisa langsung berkomunikasi dengan pejual,” tambah Endah Sri Widiastuti selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman.

Terkait rangkaian kegiatan pendukung Pasar Lebaran, Endah menuturkan bahwa kuis ASN diamksudkan guna semakin membuka pengetahuan, begitu pula dengan kelas Anggrek. “Kita akan mengadakan Kuis Kita Berani antar OPD untuk menguak dan mengajak ASN agar lebih peduli potensi Sleman. Kemudian baik ASN maupun masyarakat diharapkan ikut kelas merawat, bisnis, dan hidroponik anggrek,” tuturnya.

Kendati akan dilaksanakan pada masa pandemi virus COVID-19, Dinas Koperasi dan UKM telah berkoordinasi dengan Satgas dan satpam SCH untuk melakukan screening prokes pengunjung di pintu masuk maupun lokasi pelaksanaan. (Rep Afiqa)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts