PAUD Buah Hati Bunda Wakili Seyegan dalam Lomba PAUD Desa Unggulan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Buah Hati Bunda yang berada di Jamblangan, Margomulyo, Seyegan mendapat kepercayaan untuk mewakili Kapanewon Seyegan dalam Lomba PAUD Desa Unggulan tahun 2021 tingkat Kabupaten Sleman yang berlangsung pada Kamis (18/2/2021). Lomba ini merupakan kegiatan rutin Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan PAUD yang ada di Kabupaten Sleman. Penilaian akan dilakukan oleh perwakilan PKK dan Dinas Pendidikan.

Antun Suratmi, Penilik PAUD Dinas Pendidikan Sleman yang mendampingi lomba menyebutkan bahwa lomba ini secara tidak langsung merupakan pembinaan kepada PAUD dan mengetahui secara langsung sarana dan prasarana yang dimiliki PAUD di Sleman.

“Selain PAUD-nya, ada juga lomba untuk pendidi dan pengelolanya,” ungkap Antun.

Kepala PAUD Buah Hati Ary Retnowati yang ditemui ketika lomba menyampaikan persiapan yang ia lakukan dalam menghadapi penjurian. Ada beberapa komponen yang masuk dalam instrument penilaian, yaitu Organisasi dan Manajemen, Sarana Pendidikan, Sarana Pembelajaran, Peserta Didik, Pendidik, Pengelola, Pengelompokkan Anak, Pembiayaan, Peran Masyarakat, Administrasi, Program Belajar, dan Evaluasi.

“Total ada 12 komponen yang dinilai,” tambahnya.

Sementara pada kesempatan tesebut, Ketua Komite PAUD Buah Hati Sutarto Agus Raharjo menyampaikan beberapa rencana kegiatan belajar yang akan difokuskan untuk para siswa. Menurutnya, setelah pandemi nanti, kegiatan akan diarahkan kepada kegiatan parenting dan pembekalan mengenai pengelolaan sampah.

“Pembentukan karakter anak dalam kepedulian pada sampah harus ditanamkan semenjak usia dini. Bahkan dijajaki pula pembayaran SPP anak didik bisa dibayar dengan sampah. PAUD bisa bekerja sama dengan Bank Sampah terdekat,” ujarnya.

Hasil lomba PAUD Desa Unggulan se-Kabupaten Sleman ini dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 22 Februari 2021. (Sutarto Agus/KIM Seyegan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts