Pelaksanaan BIAS di Kecamatan Ngemplak Dievaluasi

Ngemplak – Capaian program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di wilayah Kecamatan Ngemplak untuk tahun 2019 ini memenuhi target dengan hampir terlaksana 100%. Hanya 1 % saja dari seluruh sasaran yang belum bisa terjangkau dikarenakan kontraindikasi dan pemahaman imunisasi yang belum baik.

“Ke depan diharapkan kerjasama terus dilakukan lintas sektoral untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada. Capaian ini sudah sangat baik dan memberi kontribusi terhadap capaian DIY yang biasanya menempati peringkat pertama dalam bulan imunisasi,” ujar Seruni, Kepala Puskesmas Ngemplak I saat evaluasi BIAS di Puskesmas Ngemplak I, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Kamis (12/12/2019).

Evaluasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari program bulan imunisasi dalam pengendalian penyakit Difteri dan penyakit Campak jangka panjang melalui imunisasi DT (diphteria tetanus), Td (Tetanus Diphteria) dan TT di Kecamatan Ngemplak. Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada dua jenis yaitu: Vaksin DT pada anak kelas I dan vaksin Td untuk kelas II dan III. Sasaran kegiatan BIAS adalah seluruh anak di 18 sekolah dengan jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan pondok pesantren.

Pada pelaksanaan BIAS ini, sarana yang diberikan pemerintah disimpulkan sudah sangat baik terutama kualitas vaksin dan juga standar pelayanan seperti satu jarum suntik untuk satu anak. Nurhastiani, Kepala Puskesmas Ngemplak II menambahkan bahwa imunisasi yang dilakukan bertujuan untuk menyehatkan komunitas, bukan individu.

Dalam evaluasi ini, sosialisasi dan edukasi menjadi perhatian yang utama dengan melakukan pertemuan lintas sektoral. Sosialisasi diberikan dalam bentuk tayangan film testimoni warga masyarakat yang mendapatkan manfaat dari imunisasi dan terus disampaikan terutama di lingkungan warga masyarakat yang sulit menerima program imunisasi. Selain itu juga dilakukan penyuluhan dengan mendatangi sekolah-sekolah.

Berbagai unsur masyarakat dari unsur muspika, perangkat desa, sekolah, komite sekolah dan kepemudaan sangat antusias mendukung kegiatan imunisasi. Berbagai masukan dan informasi juga disampaikan dalam kesempatan tersebut. Harapannya adalah memastikan seluruh anak usia sekolah yang ada di wilayah kecamatan Ngemplak telah mendapatkan imunisasi sehingga masyarakat menjadi sehat dan cerdas dan sejahtera. (Nuradi/KIM Ngemplak)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts