Pelaku UKM Harus Bisa Beradaptasi Atas Perubahan

Gamping – Sabtu (2/2/2019) pukul 16.00 WIB, Manajemen Google Indonesia menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital berlabel Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital (Gapura Digital) bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang digelar di Hotel Fave Malioboro, Kotabaru, Yogyakarta.

Kelas Panduan Digital dan Budgeting ini menurut Project Officer Gapura Digital, Dhimas Ragil Mumpuni diikuti oleh 78 pelaku UKM teregistrasi yang berasal dari berbagai wilayah di DIY termasuk pelaku usaha dari Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman yang memiliki usaha sarana produksi pertanian ‘Adnina Production’, Adnan Iman Nurtjahjo serta pengusaha batik, Kurniawan Prihandoko.

Dalam sambutannya, Dhimas menyampaikan bahwa Gapura Digital merupakan Program tanpa berbayar dari perusahaan Google yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. “Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Peserta dapat memilih topik yang diinginkan atau mengikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google,” tutur Dhimas.

Gapura Digital kali ini mendatangkan mentor inspiratif pengusaha digital agency, Alya Mirza yang memaparkan materi siap digital yang memuat panduan dunia digital, google untuk bisnis dan perencanaan keuangannya.

“Di era digital sekarang ini pelaku UKM dituntut untuk menjalankan bisnisnya secara digital pula karena konsumen Indonesia mulai beralih ke digital. Peningkatan revenue bisa dicapai 80% lebih cepat dari bisnis konvensional,” ujar Alya.

Dalam paparannya, Alya mengungkapkan tentang perlunya pelaku UKM memahami perilaku dan harapan konsumen serta memancing konsumen untuk mengetahui produk yang dimiliki pengusaha. Selain itu harus memahami tujuan Go Digital yakni guna menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja dan untuk mengembangkan peluang bisnis.

Di akhir sesi pelatihan, Alya memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan pelaku UKM agar bisa mengembangkan usahanya menggunakan sosial media yakni profil yang kuat, konten yang berkualitas dan konsisten dengan tema konten, follow audiens target pelaku usaha dan berinteraksi dengan mereka, serta bermitra dengan influencer yang memiliki tingkat ketertarikan tinggi dengan audiensnya.

“Bukan yang terkuat dari suatu species yang akan bertahan, bukan pula yang paling cerdas. Yang bertahan adalah yang paling bisa beradaptasi atas perubahan,” ucapnya. (Adnan Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts