Pelatihan Socioentrepreneur Ciptakan Masyarakat Sosial Makmur

Gamping – Jumat (12/10/2018) pukul 13.30 WIB, Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Socioentrepreneur di Aula Balai Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Nogotirto, H. Faizin. Pelatihan yang dihadiri oleh Kepala BPO DIY, Edy Wayudi ini diikuti 100 orang generasi muda di wilayah Desa Nogotirto yang sebagian besar merupakan anggota Karang Taruna.

Menurut keterangan dari staf BPO, Agung Aryanto, kali ini BPO menghadirkan Pinta Mogan Sukanti sebagai narasumber tunggal.

“Kegiatan serupa dilaksanakan di 80 titik yang sudah ditentukan yang tersebar di seluruh DIY dengan jumlah peserta keseluruhan 8000 orang. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuh-kembangkan kegiatan wirausaha di masyarakat yang berempati terhadap kemajuan masyarakat. Penumbuhan kewirausahaan dilakukan dengan ceramah dan dialog masyarakat khususnya pemuda,” tutur Agung.

Selanjutnya, Pinta Mogan memaparkan tentang pengertian socioentrepreneur yakni orang-orang yang berupaya menciptakan perubahan positif atas persoalan yang menimpa masyarakat antara lain pendidikan, kesehatan, ataupun ekonomi. Menariknya, kewirausahaan sosial belakangan terbukti kian mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan tersebut.

“Sedangkan masyarakat social entrepreneur adalah mereka yang berjuang merajut hidup demi dan atas nama kemaslahatan sosial. Mereka berikhtiar membentangkan serangkaian tindakan untuk membantu penciptaan masyarakat sosial yang makmur dan bermartabat,” kata Pinta Mogan.

Pembinaan kepribadian generasi muda oleh BPO DIY ini menyuguhkan berbagai pilihan mentoring, yaitu mentoring jualan online dari desa merupakan pelatihan bisnis UMKM, mentoring reseller produk merupakan pelatihan reseller tanpa modal, mentoring internet marketer merupakan pelatihan iklan produk di Facebook, mentoring content creator merupakan pelatihan videografi di Youtube dan Instagram, serta mentoring blogger merupakan pelatihan mendapat uang dari website. (Adnan Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts