Pelestarian Budaya Harus Sejalan dengan Kesejahteraan Warga

Salah satu tugas Kalurahan Mandiri Budaya adalah menjaga kelestarian budaya sejalan dengan kesejahteraan warganya. Hal tersebut dikatakan oleh Aji Wulantoro, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman ketika mengukuhkan Paguyuban Kerawitan Sekar Laras di Kalurahan Budaya Mandiri Bangunkerto, Kapanewon Turi, Senin (12/4/2021).

“Predikat Kalurahan Mandiri Budaya memiliki tanggung jawab berat, disamping menjaga tradisi budaya, masyarakat juga harus sejahtera,” ujar Aji.

Dinas Kebudayaan sendiri kata Aji siap memberikan bantuan dan pembinaan bagi kalurahan mandiri budaya agar dapat berkembang dengan meningkatkan UMKM dan mengembangkan desa wisata berbasis budaya, seperti Kalurahan Bangunkerto dengan Paguyuban Kerawitan Sekar Laras yang baru dikukuhkan.

Sementara itu, Lurah Bangunkerto, Anas Makruf mengapresiasi langkah Dinas Kebudayaan Sleman dalam melakukan pembinaan yang berkesinambungan terhadap Kerawitan Sekar Laras, mulai dari latihan sampai pementasannya, terutama pada kondisi dimana tidak banyak yang pelanggan yang mau untuk nanggap kerawitan.

“Karena mahal, jadi lebih memilih orgen tunggal yang lebih murah dan praktis. Di sinilah tantangan agar budaya tradisional tetap eksis dan tentunya perlu uluran tangan pemerintah,” kata Anas.

Paguyuban Kerawitan Sekar Laras sendiri merupakan kelompok kerawitan yang dibentuk oleh PKK Kalurahan Bangunkerto. Tutiyati, Ketua Kerawitan Sekar Laras menuturkan, dibentuknya kelompok kerawitan ini sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional kerawitan, sehingga semakin menanamkan seni tradisional di masyarakat, dan meminimalisir dampak budaya luar.

“Dengan pengukuhan dan pemberian Nomor Induk Kebudayaan (NIK) bagi Paguyuban Seni Sekar Laras ini, semoga dapat membangkitkan semangat untuk menjawab tantangan untuk selalu nguri-uri dan mengembangkan seni dan budaya tradisional yang ada di Kalurahan Mandiri Budaya Bangunkerto,” terang Tutiyati. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts