Pemkab Adakan Safari Gerakan Gemar Membaca

Sleman – Dalam rangka menggalakkan kembali budaya gemar membaca serta memasyarakatkan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan tema ”Membangun Karakter Bangsa melalui Membaca dengan Memberdayakan Perpustakaan”.

Safari Gerakan Gemar Membaca diikuti sejumlah peserta  dari masyarakat umum, kepala sekolah, pemerhati perpustakaan desa dan komunitas, siswa SMA, LSM, organisasi profesi, PKK, Karang Taruna, budayawan, media cetak dan elektronik serta SKPD terkait, yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (28/5).

Hadir dalam acara tersebut, Esti Wijayanti, anggota Komisi X DPR RI serta Dra Suyamsih M.Pd, Asisten Sekda Bidang Pembangunan. Bertindak sebagai narasumber dalam acara ini adalah Lucia Damayanti MHum (Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpusnas RI), Budi Wibowo SH MM (Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY) dan Dra Sri Hartati (Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Sleman).

Menurut Sri Hartati, kegiatan ini dimaksudkan guna mendorong seluruh lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat (long life education). Sementara Suyamsih  melalui kegiatan ini  juga menyampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran dan di berbagai kesempatan.

Hal ini dikarenakan membaca bukan lagi sebuah kewajiban karena masih berada di bangku sekolah akan tetapi sebagai kebutuhan untuk terus menambah pengetahuan setiap saat. Sedangkan kepada para pengelola perpustakaan, Suyamsih berharap agar ke depannya  pengelolaan perpustakaan dan taman bacaan di Kabupaten Sleman dapat lebih meningkat kualitasnya. Dengan kualitas perpustakaan yang baik dan strategi pengelolaan perpustakaan yang tepat maka minat baca masyarakat juga dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Kegiatan  ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan desa, taman bacaan serta masyarakat dalamperan sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing. Dihimbau kepada pengurus perpustakaan untuk kreatif menciptakan inovasi sehingga anak-anak kita tertarik untuk datang ke perpustakaan. Seyogyanya perpustakaan menjadi rujukan pertama untuk mencari informasi.

Berkenaan dengan hal tersebut, momen ini diharapkan mampu menjadi titik tolak bagi masyarakat untuk semakin mengenal perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sebagi pusat ilmu dan informasi.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts