Pendampingan Generasi Muda Menghadapi Peredaran Gelap Narkoba

Depok – Kalurahan Condongcatur telah dicanangkan sebagai Desa Bersinar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI sejak tahun 2018 lalu. Imbas dari itu, mereka pun masif melakukan aksi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Hasilnya, berdasarkan hasil pemetaan Kawasan Rawan Narkoba di DIY oleh BNNP DIY, Kalurahan Condongcatur yang sebelumnya berstatus Waspada saat ini turun menjadi status Siaga per 16 Februari 2021.

Desa Bersinar adalah desa atau kalurahan yang mempunyai kesadaran untuk melindungi masyarakatnya dari bahaya narkoba. Diharapkan Desa Bersinar menjadi wadah yang mengakomodir masyarakat untuk bersama bergerak mencegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkup terkecil suatu daerah.

Saat ini BNNK Sleman bersama Pemerintah Kalurahan Condongcatur sedang menginisuasi rintisan Padukuhan Bersinar di Padukuhan Kayen dan Padukuhan Gandok. Salah satu upayanya melalui pendampingan generasi muda terhadap peredaran gelap narkoba yang dilaksanakan di Kantor Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (27/5/2021).

Reno Candra Sangaji, Lurah Condongcatur menyampaikan bahwa Padukuhan Kayen dan Padukuhan Gandok dijadikan padukuhan rintisan berdasarkan hasil pemetaan. “Tempat-tempat yang rawan digunakan untuk peredaran narkoba adalah angkringan, kos-kosan tanpa ada induk semang, kafe, dan tempat tongkrongan anak-anak muda,” ujar Reno di hadapan peserta yang berasal dari Karangtaruna Bhaktiloka Condongcatur dan pemuda pemudi Padukuhan Gandok dan Padukuhan Kayen.

Sementara itu Eko dari Jogja Care House menyampaikan bahwa mengapa orang menggunakan narkoba itu dikarenakan lifestyle (gaya hidup) dan kecanduan. “Tahap awal penggunaan narkoba itu adalah karena rasa ingin tahu, tidak PD (percaya diri), kebutuhan sosial, tuntunan untuk penyakit kronis, dan ada tekanan dari orang lain,” jelas Eko. Adapun Kepala BNNK Sleman AKBP Siti Alfiah menekankan kepada para satgas P4GN di kalurahan untuk aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan memberikan informasi ke BNN terkait adanya penyalahgunaan narkoba.(Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts