Pengurus TRC Gamping Periode 2020-2023 Resmi Dikukuhkan

Gamping – Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Gamping, Eko Relawati mewakili Camat Gamping mengukuhkan kepengurusan Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana Kecamatan Gamping masa bakti 2020-2023 di Aula lantai II Kantor Camat Gamping, Rabu (8/1/2020).

Prosesi pengukuhan dihadiri oleh Anggota Koramil 17/Gamping, Serma Tejo Supriyono, Anggota Polsek Gamping, Iptu. Y. Ponidi, Staf Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Ismardiyanto, serta Ketua Forum Komunikasi Komunitas Relawan Kabupaten Sleman (FKKRS), Yoga Nugroho Utomo.

Selesai dikukuhkan, sebanyak 28 orang pengurus TRC Gamping yang baru mengucapkan sumpah janji di hadapan segenap tamu undangan yang hadir. Dilanjutkan serah terima jabatan dari Antonius Kuwat sebagai Ketua TRC Gamping periode sebelumnya kepada H. Denny Hendrawan sebagai Ketua TRC Gamping yang baru, disusul pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan Eko Relawati sebagai simbol wujud syukur kepada Sang Pencipta, sekaligus ungkapan ajaran hidup tentang kebersamaan dan kerukunan sesama manusia.

Dalam sambutannya, Ismardiyanto mewakili Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman mengapresiasi keberadaan TRC Gamping dan berharap menjadi Tim tangguh dalam penanggulangan bencana di wilayah Gamping dan sekitarnya.

“Saya ucapkan selamat, semoga pengurus tim reaksi cepat kecamatan gamping yang baru dikukuhkan bisa bekerja secara maksimal, dan bisa bekerjasama dengan BPBD serta semua komponen masyarakat berkaitan dengan kebencanaan yang berada di wilayah Kabupaten Sleman,” ucap Ismardiyanto.

Di akhir acara, H. Denny Hendrawan sebagai Ketua TRC gamping terpilih menyampaikan bahwa TRC merupakan wadah dari komunitas relawan desa yang ada di wilayah Kecamatan Gamping. Untuk itu TRC akan melakukan koordinasi dengan komunitas relawan yang ada di lima desa.

“Paska pengukuhan kepengurusan TRC ini, selanjutnya kami akan memetakan daerah rawan bencana dan potensi bencana yang ada agar diketahui tingkat kerawanannya. Selanjutnya kami akan lakukan mitigasi atau kita kurangi kerawanan tersebut, jika terjadi bencana bisa cepat ditangani dengan kesiapsiagaan kedaruratan dari wilayah masing-masing dibantu TRC. Kita hanya sebagai wadah, tujuan utamanya mendorong komunitas relawan atau Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk segera taggap darurat. Besar harapan kami dengan telah dilantiknya pengurus TRC Gamping kegiatan relawan kebencanaan semakin tertata dan menumbuhkan kembali solidaritas para anggota,” pungkas H. Denny. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts