Pengurus UPZ Kapanewon Depok Dikukuhkan

Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kapanewon Depok resmi dilantik oleh Asmuni Muhammad Thohir, Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Baznas Kabupaten Sleman pada Rabu (22/09/2021). Muftikhul Umam didaulat menjadi Ketua UPZ Kapanewon Depok periode 2021-2025.

Bertempat di Ruang Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, acara pelantikan dihadiri oleh Sri Hermayanti selaku Kepala Bimas Islam Kabupaten Sleman (red: Kepala Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Sleman), Muhammad Thohir selaku Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Baznas Kabupaten Sleman, Muhsin Kalida selaku Ketua LPTQ Kabupaten Sleman, Moh. Wiyono selaku Kepala KUA, Subagya selaku Panewu Depok, dan Subiyantara selaku Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Depok, serta penyuluh agama di lingkungan KUA Depok.

Muftikhul Umam yang dikukuhkan sebagai ketua akan menahkodai susunan pengurus UPZ meliputi ketua, sekretaris, bendahara, Departemen Pengumpulan dan Edukasi, Departemen Pendistribusian, Pendayagunaan, dan Pelaporan, serta Departemen Pengembangan dan Perencanaan.

Dalam kesempatan itu pula, juga digelar pelantikan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kapanewon Depok periode 2021-2025. Zaki Ghufron didapuk menjadi Ketua LPTQ Kapanewon Depok. Zaki dan perwakilan pengurus lainnya dilantik oleh Muhsin Kalida, Ketua LPTQ Kabupaten Sleman.

Zaki akan memimpin kepengurusan yang meliputi Sekretaris, Bendahara, Departemen Pembinaan dan Pelatihan,  Departemen Publikasi dan Dokumentasi, serta Departemen Penelitian dan Pengembangan.

Usai pelantikan, Panewu Depok Subagya mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutannya. Dirianya menyampaikan bahwah potensi penerimaan zakat dan infaq di wilayah Kapanewon Depok sangat besar.

“Semua serba ada di sini, orang kaya banyak, maka potensi zakat dan sedekah semestinya juga besar,” tutur Subagya.

Untuk itu ia berharap potensi tersebut bisa digali dan digarap dengan baik. Sejalan dengan hal tersebut, zakat dan infaq merupakan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an. Sehingga tugas LPTQ sebagai lembaga yang berfungsi melakukan pembinaan terhadap pengamalan nilai-nilai kitab suci tersebut bisa berjalan beriringan.

“Di samping itu juga dalam hal pencarian dan pembinaan bibit-bibit qori dan qoriah, hafidz dan lainnya dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an”, imbuh Subagya. (Andri Afriyanto/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts