Pentingnya Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

Cangkringan – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Yayasan REDR Indonesia mengadakan Simulasi Penanganan Darurat Bencana dengan subtema kegiatan pemutrakhiran rencana kontingensi Merapi bertempat di Balai Desa Kepuharjo, Minggu (19/1/2020).

Kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang berupa penyusunan dokumen rencana kontingensi.

Simulasi dilakukan untuk mengecek jika dokumen kontingensi dipraktekan sudah sesuai dengan keadaan di lapangan, terlebih status Merapi saat ini pada tingkat waspada sejak BPPTKG menetapkan pada 21 Mei 2018.

Simulasi tersebut dihadiri dari berbagai elemen Desa Kepuharjo mulai dari Pemerintah Desa Kepuharjo, BPDB, Relawan, PKK, LPMD, Tokoh Masyarakat, Babinsa, Babinkantimas, dan LINMAS.

Remon selaku fasilitator dari Yayasan REDR Indonesia menjelaskan kegiatan ini menjadi penting terutama di Kepuharjo karena di Kepuharjo ada kegiatan wisata dan penambangan yang bersinggungan langsung dengan Merapi.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dan wisatawan yang berada di Kepuharjo menjadi lebih siap dan siaga ketika status Merapi dinaikkan,” lanjut Remon. (KIM Cangkringan/Andi Ferdana)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts