Pentingnya Membangun Budaya Digital di Lingkungan Pelajar

Sleman – Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia bersinergi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital Nasional dengan mengangkat tema ‘Untuk Indonesia Makin Cakap Digital’ secara daring menggunakan aplikasi Zoom Cloud meeting, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan yang dipandu oleh Anggie Gerhana menghadirkan narasumber Relawan TIK sekaligus Pengajar SMK Taruna Bhakti Depok, Verra Rousmawati yang mengupas tentang pentingnya membangun budaya digital di lingkungan pelajar.

Menurut Verra, terdapat tiga aspek penting dalam membangun budaya digital yakni bagaimana partisipasi masyarakat yang memberikan kontribusi untuk tujuan bersama, bagaimana masyarakat merubah budaya lama menjadi budaya baru yang lebih bermanfaat, dan bagaimana masyarakat membentuk hal baru dengan memanfaatkan hal yang sudah ada.

Selain itu, Verra menyebutkan ciri-ciri perilaku pelajar jaman sekarang, di antaranya percaya terhadap konten testimoni perorangan dibandingkan dengan informasi satu arah, memiliki akun media sosial sebagai alat komunikasi dan pusat komunikasi, memiliki minat membaca konvensional yang rendah, lebih memilih ponsel dibandingkan televisi, seta menjadikan ‘google search’ sebagai pemberi jawaban.

Sebagai pengajar, Verra menyampaikan pesan kepada para pelajar bahwa dengan adanya media sosial seharusnya pelajar dapat memanfaatkan untuk kegiatan yang positif. Media sosial bagi siswa dapat dijadikan media pembelajaran dan jaringan dengan membuat forum diskusi pembelajaran, dan tempat mengekspresikan kreatifitas dengan memberikan konten positif yang berkaitan dengan hobi, pembelajaran dan pengalaman yang menarik.

“Yang tidak kalah penting adalah pelajar dapat berinteraksi dengan dunia yang lebih luas dan mendapatkan manfaat dan jejaring  serta informasi terkini perihal peluang kerja atau lowongan pekerjaan,” tambah Verra.

Di akhir pemaparan materinya, Verra menyampaikan bahwa pelajar yang cerdas adalah yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya.

“Dengan adanya penguatan pendidikan karakter bagi pelajar jaman sekarang yang diwujudkan melalui pengoptimalan peran Gerakan Literasi Digital Nasional yang salah satunya dengan memberikan literasi digital untuk membangun budaya digital bagi pelajar sudah sangat tepat, karena masa depan bangsa berada ditangan generasi muda jaman sekarang,” tutup Verra. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts