Perdana Puskesmas Ngemplak Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Menindaklanjuti penyelenggaraan program pemerintah di ranah kesehatan, kolaborasi dan sinergi memang harus dilaksanakan secara bersama dan lintas sektoral. Selasa (28/1/2020), kegiatan rapat koordinasi pimpinan Muspika Kecamatan Ngemplak sekaligus lokakarya mini lintas sektor perdana 2020 digelar di Sinduharjo, Ngaglik.

Acara dihadiri seluruh lintas sektor yang ada di Kecamatan Ngemplak, antara lain dari Kepala Desa, PKK, karang taruna, Forum Komunikasi Pimpinan Bidang Pertanian, Perikanan, Pengairan, sekolah, dan pasar.

Camat Ngemplak, Siti Wahyu Purwaningsih, menyampaikan pemerintah bersama masyarakat perlu bahu-membahu mengatasi berbagai masalah di masyarakat terutama masalah kesehatan, lingkungan, dan sosial.

“Bagaimana mengantisipasi dan mencegah Demam Berdarah, ketahanan pangan dan keamanan,” jelasnya.

Camat Ngemplak menekankan perlunya pembinaan dan pelatihan sebagai aksi nyata dalam memberikan literasi dan edukasi.

“Tahun 2020 ini Kecamatan Ngemplak menganggarkan PUPM 30% untuk pembangunan non fisik masyarakat,” urai Siti melengkapi keterangannya saat membuka acara.

Sebagai unit di masyarakat yang mengampu dan menjadi rujukan kesehatan, Puskesmas Ngemplak (Puskesmas Ngemplak I dan Puskesmas Ngemplak II) telah melaksanakan berbagai upaya sebagai tindak lanjut terhadap capaian kesehatan masyarakatnya. Camat Ngemplak mengimbau untuk terus meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi antara kegiatan yang ada di Puskesmas Ngemplak ini, dengan lintas sektor dan organisasi untuk menyelesaikan masalah di masyarakat tersebut.

“Salah satunya dengan menjalin kerjasama yang dituangkan dalam bentuk MOU,” tambahnya.

Di lain kesempatan drg. Nurhastiani yang menjabat sebagai Kepala Puskesmas Ngemplak II mengatakan telah melakukan pendekatan aktif kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan melalui program-program inovasi yang direncanakan dan telah sukses dilaksanakan.

“Salah satunya mengusung program edukasi bebas rokok yang telah berdampak di beberapa desa,” ucap drg Nurhastiani.

Kegiatan lokakarya mini lintas sektor perdana 2020 diakhiri dengan penandatanganan MOU yang dilakukan oleh Camat Ngemplak, sekolah se-Kecamatan Ngemplak, Kepala UPT se-Kecamatan Ngemplak, Muspika Ngemplak, lintas sektoral, Akademisi UII, STIKES Panti Rapih, LSM UNALA, sebagai komitmen dukungan kepada Puskesmas Ngemplak baik I dan II dalam peningkatan mutu layanan. (KIM Ngemplak/Nuradi)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts