Peringati HUT Ke-76, PMI Kapanewon Depok Gelar Donor Darah

Guna memenuhi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, PMI Kapanewon Depok menggelar aksi donor darah. Kegiatan tersebut digelar pada Jumat (24/09/2021) di Pendopo Kapanewon Depok dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Palang Merah Indonesia yang jatuh pada 17 September 2021.

Kegiatan tersebut didukung oleh PMI Kabupaten Sleman, Korps Suka Rela (KSR), dan Palang Merah Remaja (PMR) di unit-unit sekolah. Sebelum melakukan donor darah, para calon pendonor akan melalui serangkaian proses screening kesehatan seperti tekanan darah, cek darah untuk mengetahui kadar hemoglobin, tinggi badan, berat badan, riwayat penyakit yang sedang atau sudah diderita, dan lainnya.

“Kami menargetkan 70 orang pendonor. Jika ada penyintas COVID-19, dua minggu sejak dinyatakan sembuh bisa ikut donor,“ tutur Endro, Ketua PMI Kapanewon Depok.

Lebih lanjut Endro menuturkan bahwa PMI Sleman kini bisa menerima donor darah plasma konvalesen. Bagi para penyintas COVID-19 yang ingin mendonorkan plasma darahnya, harus dibuktikan dengan hasil tes PCR dan dan dinyatakan sembuh. “Setidaknya 2 bulan sejak hasil PCR negatif atau sembuh,” imbuh Endro.

Sementara itu, Subiyantara, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Depok, yang ditemui saat memantau jalannya aksi donor darah, menyampaikan bahwa agenda jemput bola donor darah di 17 kapanewon ini perlu diapresiasi dalam rangka memenuhi kebutuhan kantong-kantong darah. Ia juga menyebutkan bahwa dirinya rutin mendonorkan darahnya.

“Kebetulan saya baru 1 bulan yang lalu donor, jadi belum bisa ikut donor lagi di Kapanewon Depok,” tutur Subiyantara.

Agung Nugraha, salah satu pendonor, mengatakan bahwa agenda seperti ini patut didukung. “Saya kebetulan rutin donor, dan sudah beberapa kali ini ikut di Kapanewon Depok. Saya berharap semoga target bisa terpenuhi,” jelasnya. (Andri/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts