Perkuat Semangat Literasi, KIM Sukoharjo Luncurkan Gerakan “Rabu Berkarya”

Sebagai upaya merumuskan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengukuhkan kiprah KIM sebagai salah satu agen diseminasi informasi yang terpercaya, KIM Kalurahan Sukoharjo menggelar rapat koordinasi pada Jumat (30/4/2021) di Aula Kalurahan Sukoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Pada kesempatan ini, turut hadir Hadi Subronto selaku Lurah Sukoharjo dan Suripto selaku Ketua Forum KIM kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Hadi Subronto berharap anggota KIM dapat berperan dalam menyebarkan berita tentang kegiatan dan program yang ada di lingkungan Kalurahan Sukoharjo.

“Pemerintah Kalurahan Sukoharjo berkomitmen untuk terus mendukung keterbukaan informasi di tingkat masyarakat. Salah satu dari wujudnya adalah penyediaan sarana wifi gratis di setiap padukuhan, optimalisasi website milik Kalurahan serta rencana pembuatan buletin bulanan Kalurahan. Dalam hal ini, anggota KIM tentunya mempunyai posisi yang sangat strategis sebagai mitra kritis berbagai program diseminasi informasi yang ada,” imbuhnya.

Sementara dalam pengantar diskusi rakor, Dita Hendri, Ketua KIM Sukoharjo secara spesifik mengingatkan kembali mengenai pentingnya literasi dalam kehidupan masyarakat.

“Ingatan kolektif manusia itu bersifat sangat pendek. Sebagian dari kita belum tentu hafal nama dari ayah kakek buyut kita, bahkan mungkin kita bisa jadi sudah lupa apa yang kita makan sepekan yang lalu. Oleh karenanya sangat strategis untuk mendokumentasikan hal-hal penting melalui bahasa lisan, tulisan, foto, video maupun media dokumentasi yang lain, sehingga apa yang terjadi hari ini pun akan lebih mudah dilacak di masa mendatang,”ujarnya.

Menyambung hal tersebut, dalam sebuah diskusi kemudian forum menyepakati untuk menggalakkan literasi digital dengan meluangkan waktu menghasilkan satu karya setiap hari Rabu.

Karya-karya tersebut bisa berupa tulisan, berita, foto ataupun video mengenai hal- hal yang cukup penting untuk diketahui khalayak ramai. Karya tersebut nantinya akan di seleksi menjadi konten di media milik Kalurahan, media milik KIM Kalurahan, maupun media-media lain yang terafiliasi. Forum kemudian menyepakati gerakan tersebut sebagai “Rabu Berkarya” bagi semua anggota KIM Kalurahan Sukoharjo.

Menanggapi gagasan gerakan “Rabu Berkarya”, Suripto, Ketua Forum KIM Kabupaten Sleman berpesan kepada semua yang hadir untuk tetap mengedepankan etika-etika jurnalisme dalam berkarya.

“Karya yang baik tentunya adalah karya yang bisa dikonfirmasi kembali kebenarannya, bukan berita bohong, asumsi, hoaks, atau bahkan hanya demi kepentingan politik praktis. Rabu Berkarya adalah terobosan yang perlu kita dukung dan sukseskan bersama, jangan takut menulis, jangan takut berkarya untuk menyampaikan hal-hal baik yang memungkinkan orang lain mendapat kemanfaatan dari apa yang kita tulis atau kita buat,”pungkas Suripto. (DHI/KIM Sukoharjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts