Kalurahan Sariharjo Permudah Vaksinasi COVID-19 untuk Peserta Lansia

Ngaglik – Untuk mempercepat capaian vaksinasi, Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman terus melaksanakan vaksinasi secara massal. Salah satunya yang dilakukan di Balai Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman pada Selasa (12/10/2021).

Vaksinasi yang menargetkan 1100 peserta ini merupakan bentuk partisipasi Pemerintah Kalurahan Sariharjo untuk mendukung program Pemerintah Daerah dan Pusat dalam percepatan vaksinasi COVID-19, guna membentuk kekebalan komunal (herd immunity).

Pelaksanaan vaksinasi massal ini juga didukung oleh beberapa unsur di Kalurahan Sariharjo, di antaranya Destana, FKPM Sariharjo, Linmas, Karang Taruna, Gugus COVID-19 Kalurahan, Kader Lansia Wonorejo Sariharjo, Monjali Community, dan Kaka Center.

Gunanto, salah satu Relawan Kaka Center mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendampingan kepada para warga yang akan melakukan vaksinasi. “Ini merupakan panggilan bagi kami untuk membantu kegiatan vaksinasi di Kalurahan Sariharjo berupa pendampingan kepada warga,” ujar Gunanto.

Pendampingan yang dilakukan antara lain adalah pendataan serta pendaftaran bagi warga yang hendak divaksin, koordinasi dengan nakes dan kalurahan untuk pelaksanaan vaksinasi, mendampingi peserta prioritas seperti lansia, yang membawa balita, dan difabel agar mudah mengantri, serta membantu penyedian informasi bagi warga yang membutuhkan.

Pelaksanaan vaksinasi dan pendampingan yang dilakukan mendapatkan tanggapan positif dari para peserta vaksinasi. Srinati, warga Danikerto Ngaglik yang juga merupakan Lansia Binaan Kader Lansia mengatakan dirinya merasa terbantu dengan pelaksanaan dan pendampingan vaksinasi yang dilakukan. “Ini sangat meringankan bagi kami yang sudah berumur,” ujarnya.

Sementara Abdul Kadir, Ketua Gugus Tugas COVID-19 DPRD Sleman mengapresiasi semua pihak penyelenggara vaksinasi ini. “Sangat mengapresasi kegiatan vaksin ini dengan kerja sama bareng semua unsur masyarakat dan juga salut atas peran dari relawan yang telah  terbukti berbuat untuk masyarakat yang didedikasikan atas nama kemanusiaan dan sebagai upaya mempercepat herd imunity di Sleman,” ujarnya. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts