Pertunjukan Ketoprak Virtual Media Sebar Luaskan Informasi

Kesenian tradisional ketoprak di Kabupaten Sleman hingga saat ini masih terus dilestarikan meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda dunia. Namun, berbeda dengan pementasannya yang biasa, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta menggelar pertunjukan seni ketoprak bertajuk “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit” secara virtual yang ditayangkan live pada kanal Youtube KPCPEN PETUNRA DI Yogyakarta, Senin (9/11/2020) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. Sri Purnomo mengatakan pertunjukan seni ini adalah salah satu bagian dari upaya sosialisasi berbagai program yang dilaksanakan pemerintah.

Dikatakannya, pertunjukan seni ini adalah salah satu media yang dapat menyesuaikan kondisi masyarakat yang mudah memperoleh informasi dari berbagai sumber namun bahaya latennya ialah penyebarluasan hoaks. Lewat pentas seni, hal-hal positif yang bersifat informatif bisa disampaikan. Pun, informasi yang dikemas menjadi lebih menarik bagi masyarakat.

“Untuk memupukkan rasa persatuan dan kesatuan, pertunjukan melalui seni dan budaya dapat menggugah kesadaran generasi muda untuk mencintai dan memelihara budaya dengan cara melestarikan dan menikmatinya sehingga kesenian akan tetap terjaga. Dengan adanya pertunjukan ini selain menghilangkan rasa rindu kita terhadap petunjukan seni sekaligus menyampaikan pesan informatif yang disampaikan melalui media ketoprak tersebut,” tutur Sri Purnomo

Bambang Sigit, Kepala Biro Keuangan Kemkominfo menambahkan bahwa kegiatan ini juga dilakukan di daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Hal ini menjadi dorongan untuk bangkit dengan melawan Covid-19 dengan mematuhi imbauan yang disampaikan pemerintah sebagai bagian dari melawan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Pertunjukan virtual yang dimeriahkan oleh penampilan Ketoprak Mataram PS Bayu ini, menurut Bambang dapat dijadikan tuntunan bahwa pesan-pesan pemerintah yang tersampaikan akan baik sehingga menghindari adanya miskomunikasi.

“Sementara masyarakat berjuang melawan Covid-19, Pemerintah saat ini berkerja keras untuk menuntaskan masalah Covid-19 melalui vaksin yang sedang disiapkan oleh pemerintah,” tutup Bambang Sigit. (Rep Izzat, Foto Gassing)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts