PPID Desa Sebagai Penyedia Layanan Informasi Publik

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kecamatan dan Desa, serta pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa, Pemerintah Kecamatan Gamping menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang digelar di ruang rapat lantai II Kantor Camat Gamping, Selasa (28/1/2020).

Sosialisasi dihadiri oleh Sekretaris Desa se-Kecamatan Gamping sebagai penanggung jawab pengelolaan informasi dan dokumentasi desa, dan pegiat KIM desa. Kegiatan yang dipandu oleh staf Seksi Pemerintahan Kecamatan Gamping, Christine Tjahjaningsih menghadirkan dua narasumber yaitu Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Yudiarto Setiawan, dan Sekretaris Forum KIM Kabupaten Sleman, Adnan Iman Nurtjahjo.

Dalam paparanya, Yudiarto Setiawan menyampaikan bahwa setiap orang memiliki jaminan konstitusional, berhak berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia, seperti yang tertuang dalam pasal 28F Undang-Undang Dasar 1945.

“Dengan adanya PPID Desa akan memudahkan koordinasi dalam pengumpulan, penyimpanan, dan pendokumentasian seluruh informasi, memudahkan pengembangan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar, menghindari pejabat Badan Publik yang tidak membidangi informasi dan komunikasi disibukkan oleh urusan pelayanan informasi, pelayanan informasi publik satu pintu, mempermudah masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan publik, serta meminimalkan sengketa Informasi Publik,” tutur Yudiarto.

Selanjutnya, Sekretaris FKIM Sembada, Adnan Iman Nurtjahjo mengupas tentang perlunya pembentukan KIM di wilayah desa. Menurutnya, sangat perlu adanya KIM di desa karena memiliki manfaat ganda. Di samping membantu pemerintahan desa dalam memberikan berbagai informasi baik tentang berbagai kegiatan pembangunan dan kegiatan pemerintahan kepada masyarakat, juga memberikan kontribusi pemberdayaan masyarakat secara langsung dalam hal perekonomian keluarga.

“Saya harapkan agar terbentuk KIM di Desa Balecatur, Ambarketawang, Nogotirto, dan Banyuraden di tahun 2020 ini karena KIM memiliki fungsi yang strategis yakni sebagai wadah informasi, sebagai mitra dialog pemerintah, sebagai kanal aspirasi, sebagai sarana peningkatan literasi informasi, media massa, dan teknologi informasi. Selain itu, KIM juga sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi, serta sebagai agen membina nilai-nilai tatanan dan norma yang luhur,” ungkap Adnan mengakhiri paparanya. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts