PPID Perlu Tingkatkan Kompetensi

Hazwan Iskandar Jaya, Ketua Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (KID DIY) menyampaikan bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus memiliki sertifikasi, sehingga perlu adanya kompetensi yang harus dirumuskan bersama oleh seluruh PPID di kabupaten, kota, dan DIY.

“Minimal unit kompetensi yang harus dikuasai adalah memahami bagaimana manajemen pengelolaan informasi, manajemen pengelolaan dokumentasi, dan penyelesaian sengketa informasi. Dengan kompetensi itu, PPID bisa mempunyai daya tawar kepada pemerintah daerah sehingga posisinya bisa diakui karena memiliki kebermanfaatan yang nyata dalam melayani masyarakat,” ujar Hazwan saat menghadiri Forum PPID se-DIY di Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, Temon, Kabupaten Kulonprogo, Senin (21/10/2019).

Untuk mewujudkan PPID yang lebih baik lagi, KID DIY melakukan pendampingan terhadap PPID di Kabupaten maupun kota. Pendampingan dilakukan untuk mengetahui permasalahan, kekurangannya, sehingga KID DIY bisa memberi masukan yang efektif dan terukur sehingga bisa memberikan hasil yang optimal dalam pendampingan.

Hazwan juga memaparkan ke depannya akan ada peraturan baru terkait dengan kelembagaan dan memberikan dorongan lebih terkait dengan keterbukaan informasi. “Perubahan kelembagaan merupakan keniscayaan, adanya perubahan itu  kita tidak boleh anti perubahan, karena dengan perubahan itu akan membuat kita lebih dinamis, punya daya kreasi inovasi, mungkin ke depannya akan ada hal-hal dan pemikiran baru yang bisa disinergikan lagi antara KID dengan PPID Pemda Kabupaten Kota,” ungkap Hazwan.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menjadi salah satu bagian yang penting dalam proses pemerintahan di setiap daerah karena PPID merupakan garda depan untuk bisa memberikan pelayanan informasi yang valid, akurat, dan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat luas. Di kabupaten/kota DIY terdapat dua level PPID yaitu seluruh sekretaris dinas sebagai PPID pembantu dan kepala dinas komunikasi dan informatika sebagai PPID Utama. (Berita: Anis, Foto: Faridz)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts