PPK Bersama KPU Sleman Gelar Rakor Sempurnakan DPT Pemilihan

Guna menyempurnakan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020 yang terbuka, akuntabel, dan partisipatif maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menggelar rapat koordinasi persiapan gerakan mendukung rekam KTP elektronik dan pendataan titik koordinat Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan di Ruang Rapat KPU Kabupaten Sleman, Jumat (13/11/2020).

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Baehaqi menyampaikan bahwa dasar hukum kegiatan Gerakan Mendukung Rekam KTP elektronik pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 yakni Surat KPU RI Nomor 1017/PL.02.1-SD/01/KPU/XI/2020. Selanjutnya, KPU Kabupaten Sleman bersama PPK dan PPS melakukan pengecekan kembali ke lapangan terhadap sisa data pemilih yang belum melakukan perekaman KTP elektronik bersama Pengawas Pemilihan Kecamatan dan Pengawas Pemilihan Kelurahan.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sleman, Indah Sri Wulandari mengungkapkan bahwa KPU RI telah melakukan penyandingan data pemilih yang belum rekam KTP elektronik dalam DPT pemilihan serentak tahun 2020 dalam bentuk by name by address yang dapat diunduh melalui situs KPU Provinsi. Dalam melaksanakan tugasnya PPS dapat dibantu oleh eks Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk menemui pemilih yang belum melakukan perekaman KTP elektronik guna membantu memastikan keberadaannya di lapangan.

“Selama kegiatan berlangsung, PPS dapat menyampaikan surat ajakan kepada pemilih yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk melakukan perekaman dan menjelaskan pentingnya peran KTP elektronik sebagai syarat untuk memilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020. Jika ditemukan pemilih dengan status belum melakukan perekaman KTP elektronik, PPS dapat mengingatkan pemilih tersebut untuk segera melakukan perekaman KTP-el,” tegas Indah.

Rakor juga membahas tentang pembuatan titik koordinat Kantor PPK, PPS, dan TPS menggunakan aplikasi yang dipandu oleh Penganalisis Program dan Aplikasi KPU Sleman, Andi Syarifudin. Adapun manfaat aplikasi titik koordinat adalah untuk menunjukkan letak atau posisi dari suatu tempat sehingga memudahkan bagi masyarakat menemukan lokasi kantor sekretariat penyelenggara pemilihan maupun mendatangi TPS setempat guna menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts