PPS Se-Kapanewon Gamping Ikuti Bimtek dan Simulasi Tungsura Pemilihan 2020

Dalam rangka pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kapanewon Gamping menggelar kegiatan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Panewu Gamping, Minggu (22/11/2020) malam.

Kegiatan yang dipandu oleh anggota PPK Gamping Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Mualif diikuti oleh Ketua dan anggota PPS beserta Sekretariatnya seKapanewon Gamping. Turut hadir dalam Bimtek Tungsura Sekretaris PPK Gamping, R. Hery Subagio yang juga menjabat Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Gamping Bersama anggota PPK, Indriyani Nurzanah (Divisi Data dan Informasi), Puji Astuti (Divisi Sumberdaya Manusia), serta Layung Pertiwi (Divisi Hukum dan Pengawasan).

Dalam sambutannya Ketua PPK Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo, menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Tungsura dilaksanakan mulai 21 hingga 23 November 2020 tujuannya agar PPS bisa melakukan transfer ilmu sekaligus melaksanakan simulasi tahapan pemungutan hingga penghitungan suara kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing Kalurahan.

“Simulasi pemungutan dan penghitungan suara perlu dilakukan oleh PPS dan KPPS sebagai sarana sosialisasi dan persiapan sebelum hari pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti. Diharapkan seluruh peserta simulasi dapat mencermati dan mengevaluasi kegiatan ini, baik teknis penghitungan suara maupun penerapan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh KPPS, Pemilih, Pengawas TPS, dan Petugas Keamanan TPS guna mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman yang aman, damai, sehat, dan selamat,” ucap Adnan.

Selepas memberikan teori tungsura, anggota PPK Gamping Divisi Teknis Penyelenggaraan, M. Mualif memandu jalannya simulasi dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diantaranya selalu menggunakan masker yang menutupi hidung hingga dagu ketika berada di area TPS, selalu menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk ke TPS, tidak melakukan kontak fisik dalam bentuk apapun, KPPS selalu menggunakan sarung tangan ketika bertugas, petugas ketertiban mengecek suhu badan Petugas KPPS, Saksi, Pengawas dan Pemilih sebelum masuk ke area TPS, Ketua KPPS menjelaskan jika terdapat Pemilih yang memiliki suhu tubuh 37,3˚ C atau lebih pemilih yang bersangkutan diarahkan untuk menggunakan hak pilihnya di Bilik Khusus yang telah disediakan dengan didampingi orang lain yang dipercaya oleh Pemilih atau dibantu oleh Anggota KPPS, serta pemilih yang telah selesai menggunakan hak pilihnya dihimbau untuk segera meninggalkan area TPS dan tidak berkerumun di area TPS.

“Dengan adanya pengetahuan dan simulasi tungsura ini harapannya PPS dapat menularkan ilmunya kepada KPPS sebagai ujung tombak pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020. Semoga pemungutan dan penghitungan suara hasil pemilihan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala di lapangan nanti,” kata Mualif. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts