Prambanan Pacu Desa Bentuk PPID

Sesuai Surat Edaran Bupati Sleman nomor 067/03194 tanggal 28 November 2018, seluruh desa diimbau agar mulai membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa, Ini disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Prambanan, Djaka Sumarsono, saat membuka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa/Kelurahan se-DIY, Rabu (23/1/2019).

Sosialisasi yang dihadiri oleh sejumlah sekretaris dan perangkat desa Kecamatan Prambanan ini dikatakan Djaka juga menjadi sambung tangan Bupati Sleman untuk mengemukakan imbauannya terkait dua hal lain, yakni keterbukaan informasi publik desa dan Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa.

“Dalam surat edaran, Bupati Sleman mengimbau kepada kami, Kepala Desa di Kabupaten Sleman untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik di desa masing-masing, menerapkan Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa, dan menunjuk PPID Pemerintah Desa,” jelas Djaka.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Budi Pekerti, Kecamatan Prambanan merupakan hasil kerja sama Kecamatan Prambanan dengan Dinas Kominfo Sleman dan Komisi Informasi Daerah DIY sebagai narasumber sosialisasi.

Di sela-sela sosialisasi, Noor Hidayati Pramulani selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman mengemukakan bahwa keterbukaan informasi publik yang diterapkan badan publik salah satunya dapat dilihat melalui website desa.

“Website menjadi porsi terbesar karena sangat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi publik. Terkait website ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman siap memfasilitasi,” tutur Ida.

Ida juga mengatakan dalam pembuatan website ini, desa tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. “Tidak perlu membayar, atau khawatir datanya akan hilang. Semua disimpan di server sendiri dan nantinya akan menggunakan domain slemankab.go.id. Admin di desa nanti hanya tinggal mengisi saja,” terang Ida.

Diketahui, Kecamatan Prambanan memiliki setidaknya 6 desa, seperti Desa Sumberharjo, Desa Wukirharjo, Desa Gayamharjo, Desa Sambirejo, Desa Madurejo, dan Desa Bokoharjo. Suharnanik Listiana, Komisioner Komisi Informasi Daerah DIY, secara khusus berpendapat bahwa pembentukan PPID Pemerintah Desa di Kecamatan Prambanan ini nantinya tidak akan menemui kesulitan mengingat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sleman itu sendiri.

“Di Sleman ini komitmen pimpinan sangat mendukung dan terlihat sekali. Sejauh ini progresnya bagus, kemarin saya melihat sendiri di Kecamatan Sleman semua desa sudah terbentuk PPID,” ungkap Suharnanik.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts