Propam Polda DIY Cek Kesiapan Posko PPKM Mikro di Gamping

Dalam rangka pengendalian COVID-19 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Sleman, Propam Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Polsek Kapanewon Gamping melakukan kegiatan pengecekan dan pengawasan kesiapan Pos Komando PPKM Skala Mikro di Kapanewon Gamping, Kamis (25/2/2021). Lokasi pengecekan adalah posko kalurahan yang berada di Kapanewon Gamping, yaitu Posko Kalurahan Balecatur, Kalurahan Ambarketawang, Kalurahan Banyuraden, Kalurahan Nogotirto, dan Kalurahan Trihanggo,

Kegiatan yang dipimpin oleh AKP Sabdo dari Propam Polda DIY didampingi Kanit Provost Polsek Gamping, Ipda Sigit Sudaryanto dan Kanit Binmas Polsek Gamping, AKP Yakobus Ponidi ini bertujuan untuk memastikan kelengkapan instumen pendukung pelaksanaan penanganan COVID-19 yang dimiliki oleh Posko PPKM Mikro di masing-masing kalurahan agar program PPKM Mikro berjalan dengan optimal.

“Posko PPKM Mikro di tingkat kalurahan agar melakukan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan penanganan COVID-19 yang diawasi oleh posko di tingkat kapanewon. Posko tingkat kalurahan dipimpin oleh Lurah dibantu perangkatnya dan mitra kalurahan serta berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 yang ada di tingkat atasnya atau TNI/Polri,” tegas AKP Sabdo.

Hal ini didukung oleh Kanit Provost Polsek Gamping, Ipda Sigit Sudaryanto yang menyebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan program PPKM Mikro adalah untuk menekan kasus positif dan melandaikan kurva sebagai tanda keberhasilan dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi yang dilakukan dari level yang terkecil yaitu, RT, RW, dan kelurahan.

“Dalam pelaksanaannya, pemerintah membentuk posko atau pos jaga di tingkat kalurahan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa alat angkut, alat pelindung diri, sarana komunikasi, perlengkapan desinfektan, serta dilengkapi dengan standar operasional prosedur sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Ipda Sigit.

Beberapa upaya yang harus  dilakukan oleh petugas Posko PPKM Mikro untuk memaksimalkan fungsinya antara lain melakukan monitoring kegiatan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan, menghimbau warga melakukan pola hidup bersih dan sehat, melakukan dekontaminasi ke rumah warga, serta memberikan bantuan sembako pada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts