Prosesi Bedhol Projo Mengawali Puncak Peringatan 1 Abad Kabupaten Sleman

Kirab Bedhol ProjoSleman – Puncak acara hari Jadi satu abad  Kabupaten Sleman tahun 2016 didahului dengan penyerahan dokumen dari juru kunci pengageng Ambarukmo kepada ketua pantia hadi jadi satu abad Sleman Soekarno SH, Sabtu (14/5). Hadir pada kesempatan tersebut semua Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sleman.

Untuk memeriahkan, terutama menandai satu abad Kabupaten Sleman tersebut semua punggawa yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, Dimas/Diajeng Kabupaten Sleman dan beberapa bregodo dengan menaiki kereta/andong sebanyak 25 kereta.

Urutan kirab bregodo tersebut pertama pasukan berkuda yang terdiri tiga prajurit diikuti kereta yang dinaiki ketua panitia dan Kabag Organisasi, kereta Dimas/Diajeng dan diikuti pasukan/bregodo Camat dan kepala desa. Sebagai pembuka jalan diawali dengan kesenian gamelan yang dimainkan live di atas kendaraan tronton.

Kirab mengawal dokumen dari Ambarukmo tersebut dengan menyusuri  Jalan Solo ke arah barat sampai perempatan Pingit, menyusuri jalan Magelang dan kumpul di Tugu Adipura Mulungan, selanjutnya berangkat menuju Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman dengan jalan kaki. Mekipun hujan deras namun tidak mengendorkan semangat bregodo untuk mengawal dokumen bersejarah tersebut.

Di Pendopo Parasamya dokumen yang dibawa dari Ambarukmo tersebut oleh ketua panita hari jadi satu abad sleman diserahkan kepada Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI didampingi seluruh pejabat Pemkab Kabupaten Sleman.

Prosesi Bedhol Projo merupakan sebuah upaya merekonstruksi salah satu peristiwa bersejarah pada masa Bupati Sleman dijabat oleh  KRT Murdodiningrat tahun 1964, memindah pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari Petilasan Dalem Pendopo Ambarukmo ke Desa Beran, Tridadi, Sleman.

Pada masa ini pula Kabupaten Daerah Tingkat II Sleman memiliki lambang daerah dengan bentuk persegiempat yang melambangkan prasaja dan kekuasaan.

Pemaknaan filosofis dengan dipindahkannya pusat pemerintahan saat itu adalah untuk lebih mendekatkan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lokasi pusat pemerintahan berada di Desa Beran Kecamatan Sleman merupakan lokasi yang strategis berada pada tengah-tengah wilayah Kabupaten Sleman.

Dengan momentum usia 1 abad  dan mengingat kembali nilai-nilai semangat bedhol projo, Pemerintah Kabupaten Sleman kembali menyegarkan semangat pengabdiannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sleman.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts