Public Speaking sebagai Salah Satu Cara untuk Mengaktualisasikan Diri

Sleman – Bagi generasi milenial, kemampuan berbicara di depan publik (Public Speaking) saat ini memiliki posisi penting, karena percaya diri untuk tampil di depan publik merupakan bagian dari cara dan gaya hidup mereka untuk mengaktualisasikan diri.

Hal tersebut yang mendasari KOKAM Gamping bekerja sama dengan Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan AMM Trihanggo Gamping menggelar Latihan Dasar Public Speaking “Bagaimana Cara Agar Percaya Diri?” di Gedung Madrasah Diniyyah Muhammadiyah Ar Rohman, Baturan, Trihanggo, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, Minggu (12/9/2021).

“Fasilitas kegiatan ini adalah ilmu bermanfaat, wawasan baru, sertifikat, dan relasi anyar yang positif,” ujar Noviatoro, salah satu panitia mengenai manfaat pelatihan yang diikuti oleh 30 orang Anggota AMM, PM, dan NA Gamping.

Pelatihan sendiri menghadirkan Respati Agus Sasangka, Anggota DPRD Kabupaten Sleman sebagai Keynote Speaker, dan Yunda Eka Annisa Sari, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UAD sebagai narasumber.

Respati pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kemampuan berbicara di depan umum saat ini sangat penting untuk dimiliki. “Kemampuan berbicara di depan umum, serta kepribadian dalam berpidato masing-masing pribadi menjadi kunci dalam bagaimana memerankan dirinya sebagai komunikator profesional,” ungkapnya.

Sementara itu, Yunda Eka Annisa Sari menyampaikan bahwa salah satu kunci kesuksesan seseorang ditentukan dari kemampuannya dalam berkomunikasi. Ia juga mengatakan kemampuan publik speaking dapat membantu seseorang untuk mengaktualisasikan dirinya dengan tampil di depan khalayak dengan percaya diri dan meyakinkan.

Untuk itu, lanjut Eka, latihan untuk berbicara di depan umum sangat penting untuk dilakukan, agar dapat membangun kepercayaan diri dengan proses, ketekunan, keberanian, dan kesungguhan.

“Dengan latihan ini semoga dapat menjadi jembatan untuk bersama-sama membentuk pribadi yang percaya diri,” imbuh Yunda.

Yunda juga memberikan beberapa tips dan trik dalam melatih kemampuan public speaking yaitu dengan banyak membaca buku, dan melatih intonasi suara. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts