Rekreasi Sambil Belajar Budi Daya Lele di Desa Wisata Pendidikan Dukuh

Sleman – Sebuah desa wisata tidak selalu menyuguhkan pesona alamnya saja. Ada beberapa desa wisata yang mengembangkan konsep wisata edukasi sebagai andalannya. Salah satunya adalah Desa Wisata Pendidikan Dukuh yang berada di Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman.

Berbagai macam paket wisata edukasi ditawarkan oleh Desa Wisata Pendidikan Dukuh ini. Ada paket wisata edukasi budi daya labu botol, perkebunan cabai, sayur-sayuran organik, budidaya jamur tiram,ternak kambing, dan bebek. Namun yang paling unik adalah wisata edukasi perikanan nila dan lele.

Wisata edukasi budi daya lele di Desa Wisata Pendidikan Dukuh dimulai dari tahun 2018 lalu. Ismono selaku pengelola Desa Wisata Pendidikan Dukuh menyebutkan bahwa kolam-kolam lele tersebut dibuat karena kolam yang pada awalnya berada di daerah perkembunan kekurangan air pada musim kemarau.

Kemudian muncul ide untuk membangun kolam lele yang mempermudah pemenuhan kebutuhan airnya, dengan membangun kolam semi permanen menggunakan terpal dan kerangka besi. Keunggulan dari kolam ini adalah selain biaya pembuatan yang lebih murah dari pada kolam permanen, kolam dari terpal ini dapat dipindahkan sewaktu-waktu, sehingga lebih memudahkan untuk memenuhi pasokan air ketika musim kemarau.

“Kolam lele ini yang menjadi solusi. Selain itu juga bisa menjadi wisata edukasi di Desa Wisata Pendidikan Dukuh ini,” jelas Ismono ketika ditemui di Omah Paseduluran Desa Wisata Pendidikan Dukuh, Kamis (8/7/2021).

Paket wisata edukasi budi daya ikan lele di Desa Wisata Pendidikan Dukuh sendiri berkisar Rp.10.000 sampai dengan Rp. 15.000 per orang. Pengunjung bisa mendapatkan edukasi tentang budi daya lele seperti tata cara mengurusnya, cara memberi makan, pembersihan kolam, sampai dengan rekreasi memancing lele langsung dari kolam jumlahnya ada lebih dari 25 buah kolam.

Pengunjung juga bisa membeli ikan lele langsung dari kolam dengan harga Rp. 20.000 dan Rp.21.000 per kilonya, dengan kondisi ikan lele sudah dibersihkan. Per harinya, ikan lele di Desa Wisata Dukuh ini bisa dipanen sebanyak kurang lebih 50 kg untuk sekali panen.

Adi, salah satu petugas yang mengurus budi daya ikan lele di Desa Wisata Dukuh ini mengatakan, ikan lele yang berada di sini adalah ikan siap konsumsi dan tentunya dengan kondisi sehat.

“Ikan lele disini setiap harinya akan dibersihkan endapan kotoran yang berada di kolam dan memisahkan ikan lele yang sakit ataupun mati, sehingga ikan lele selalu dalam kondisi sehat dan tidak sakit,” tambah Adi.

Bagi yang ingin berkunjung, lokasi Desa Wisata Pendidikan Dukuh dapat dicari menggunakan aplikasi Google Maps dan sosial media Instagram @desawisatapendidikandukuh. (Rep satyo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts