Relawan Tanggap Bencana Desa Agromulyo Tangani Pohon Tumbang secara Cepat dan Tepat

Relawan Tanggap Bencana Desa Agromulyo, Kecamatan Cangkringan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana Desa Tangguh Bencana (FPRBDESTANA) dan Argo Merapi Community (AMC) bersama dengan Pemerintah Desa, SAR Linmas, Babinsa dan Juga Masyarakat pada Jumat (07/02/2020) bersama – sama melakukan penanganan terhadap beberapa pohon yang tumbang akibat hujan lebat dan disertai angin yang melanda Desa Agromulyo.

Penanganan dilakukan setelah Relawan Tanggap Bencana menerima informasi dari masyarakat terkait adanya pohon tumbang. Diinformasikan dari masyarakat melalui group WhatsApp (WA) bahwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Pohon tumbang ini menimpa beberapa rumah warga dan jaringan listrik.

Subarjo selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan mengatakan ada laporan dari masyarakat terkait peristiwa ini. “Delapan titik kejadian pohon tumbang yaitu dua titik pohon menimpa rumah warga, dua titik menimpa jaringan listrik dan sisanya melintang di jalan,” bebernya

Subarjo juga menambahakan peran penting dalam penanganan bencana adalah kesiapsiagaan masyarakat itu sendiri.

“Karena kalau masyarakat sudah tangguh bencana maka peran relawan adalah sebagai pendorong untuk mempercepat dalam penanganan setiap bencana yang terjadi dan jumlah relawan yang terbatas bukan sebuah halangan apabila seluruh masyarakat sudah Tangguh bencana,” imbuhnya.

Partono salah satu relawan dari Padukuhan Bakalan Desa Argomulyo mengatakan Relawan Bencana Desa Argomulyo selalu memantau setiap informasi dari setiap kejadian bencana dari masyarakat dan segera bergerak dengan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Partono menambahkan untuk melakukan pembersihan area pohon tumbang, pihaknnya perlu menyiapkan alat-alat seperti gergaji mesin yang mana harus selalu dalam kondisi siap pakai.

“Kondisi mesin harus dalam keadaaan prima, bahan bakar siap, dan kondisi rantai pemotong harus dalam keadaan tajam,” tambahnya. (Marmansyah/KIM Cangkringan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts