Rumah Pintar Pemilu Sarana Edukasi Proses Demokrasi

Forum Kelompok Informasi Masyarakat (FKIM) Kabupaten Sleman menggelar rapat koordinasi (Rakor) di sela-sela kunjungannya di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Sabtu (7/12/2019). Rombongan yang berjumlah 30 orang pengurus dan anggota FKIM Sembada ini diterima oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sleman, Aswino Wardhana didampingi staf bagian teknis dan Hupmas, Sunarsih di ruang rapat KPU Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Aswino menuturkan bahwa RPP merupakan sarana edukasi masyarakat mengenai proses demokrasi. Di dalamnya terdapat banyak informasi dan sejarah pemilihan umum di wilayah Kabupaten Sleman. “RPP tidak hanya sebagai sumber pengetahuan pemilu, namun juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data proses pemilu dari tahun ke tahun. Tujuannya agar masyarakat mengetahui sejarah pemilu di Kabupaten Sleman,”  tutur Aswino bersemangat.

Selanjutnya, Aswino berharap kepada pengurus maupun anggota FKIM Sembada untuk membantu KPU Kabupaten Sleman dalam mensosialisasikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman yang akan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang beserta maskotnya Yu Sal dan Kang Man, yang melambangkan petani salak sleman mengenakan batik khas sleman, Sinom Parijotho Salak.

Setelah selesai melakukan tanya jawab dengan komisioner KPU Sleman, FKIM Sembada melakukan rapat koordinasi di ruang rapat utama. Rakor dipimpin oleh Ketua FKIM Sembada, H. Suripto didampingi Sekretaris, Adnan Iman Nurtjahjo sebagai moderator.

Ketua FKIM Sembada mengapresiasi 14 KIM tingkat kecamatan dan tingkat desa yang sudah menghadiri pertemuan kali ini dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan peserta rakor FKIM pada bulan lalu. Selain menjadi ajang silaturahmi antar KIM se-Kabupaten Sleman, rakor juga dapat dijadikan sebagai wadah tukar informasi berkaitan dengan pembentukan KIM di tingkat desa, serta pengelolaan KIM dan potensi daerah masing-masing. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts