Saatnya Desa Miliki Rumah Data

Turi – Selama ini sudah banyak desa yang mempunyai website tapi belum optimal dalam mengelolanya. Terkadang jika masyarakat ingin melihat ternyata isinya sudah kadaluarsa.

Hal ini menjadi keprihatinan Medi Trilaksono, dosen dari UPN Veteran Yogyakarta. “Betapa pentingnya di era globalisasi ini yang serba cepat, pemerintah desa untuk memiliki rumah data berbasis internet. Sehingga masyarakat jika ingin mencari data-data tinggal buka di websitenya desa tersebut,” papar Medi Trilaksono saat menjadi narasumber Replikasi Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Turi di Desa Wisata Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Kamis (29/8/2019).

Ditambahkan Medi, dalam rumah data tersebut nantinya akan tersimpan segala macam data seperti data kependudukan, data aset desa, APBDes dan lain sebagainya.

Selain mengenai rumah data, acara ini juga membahas pengembangan barak pengungsian menjadi sarana olahraga. Diikuti oleh empat desa yang ada di kecamatan Turi yakni Desa Donokerto, Wonokerto, Girikerto, dan Bangunkerto, Rachmad Widaryanto sebagai Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Turi yang mengikuti kegiatan ini berharap dengan adanya kegiatan replikasi ini nantinya bisa bermanfaat bagi desa-desa yang ada di kecamatan Turi sehingga akan cepat lebih maju.

Ayon Setiadi, salah seorang peserta replikasi mengungkapkan pentingnya aturan mengenai website desa. “Jika pemerintah desa benar-benar ingin mengoptimalkan websitenya seharusnya dari pemerintah kabupaten juga harus membuatkan payung hukumnya yang jelas, sehingga dari desa tidak takut untuk menganggarkan pengelolaan website melalui APBDes,” harap Ayon.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Bangunkerto ini berpendapat jika tidak ada yang ditunjuk untuk bertanggung jawab mengelola website, maka semua materi bagus dalam pembahasan ini akan sia-sia.

Para perwakilan desa yang hadir dalam kegiatan replikasi ini berasal dari unsur BPD, PKK, Karang Taruna, Kepala Desa dan tokoh masyarakat.(KIM Bangunkerto/Harman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts