Safari Maulid Pererat Silaturahmi Antar Dusun

Ngaglik – Dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal-red) atau jatuh tanggal 9 November 2019, jemaah pengajian sewilayah Candi lama mengadakan acara Safari Maulid. Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 malam dimulai dari Senin (28/10/19) hingga Jumat (8/11/19). Jemaah pengajian sewilayah Candi lama meliputi 12 dusun yang bergantian menjadi tuan rumah, dimulai dari Dusun Candi Winangun, Nglanjaran, Candikarang, Candi 2, Bonjotan, Candisari, Bendolole, Candi 3, Ngangkruk, Tegalrejo, Turen dan diakhiri Dusun Candirejo.

Kegiatan Safari Maulid bertujuan untuk menyiarkan agama Islam dan menyambung silaturahim antar dusun dengan menghidupkan seni hadroh. Acara dibuka dengan membaca tahlil bersama lalu dilanjutkan dengan asmaul husna dan bersalawat diiringi alunan hadroh lalu ditutup mahalul qiyab.

Marwiyanto selaku Koordinator Acara mengaku jika peringatan Maulid Nabi sudah berlangsung selama 30 tahun dan semakin lama antusiasmenya semakin banyak.

“Kegiatan sudah berjalan 30 tahun yang menetap di Dusun Candi Winangun. Kemudian 4 tahun terakhir Candi 3 dan Bendolole ikut bergabung dan saat ini sudah ada 12 dusun yang bergabung,” ujarnya, Selasa (5/11/19).

Marwiyanto menambahkan awal mula kegiatan ini berlangsung. “Saya punya keinginan salawatan ini muter sewilayah Candi lama, lalu saya undangi masing-masing dusun sebanyak 2 orang. Lalu terbentuklah Safari Maulid ini,” tukasnya.

Ia berharap agar kegiatan ini bisa berkembang di luar Candi lama, terlebih bisa sampai se-Desa Sardonoharjo. “Bisa istiqomah serta semata-mata mencari rida Ilahi,” imbuhnya. (ISW/ KIM Sardonoharjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts