Sambut Pendidikan Tatap Muka, Forum PAUD Sleman Gencarkan Edukasi Prokes

Dalam rangka persiapan pelaksanaan pendidikan tatap muka di tingkat PAUD, Forum PAUD Kabupaten Sleman bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman selenggarakan edukasi mengenai tata kelola penerapan protokol kesehatan di lembaga anak usia dini. Edukasi pertama diadakan pada Sabtu (10/4/2021) di Balai Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, dengan peserta yang berasal dari wilayah Sleman Timur yang meliputi Kapanewon Depok, Berbah, Kalasan, Prambanan, Ngemplak, dan Cangkringan.

Relawan PMI Sleman, M. Eksan menyebutkan bahwa edukasi yang diberikan ini diharapkan membuat para peserta dapat mengaplikasikan protokol kesehatan secara baik untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, terutama di lingkungan lembaga pendidikan.

“Dengan penerapan cuci tangan pada air mengalir menggunakan sabun, memakai masker dengan benar, menjaga jarak, disertai disinfeksi secara rutin maka penyebaran virus COVID-19 bisa diminimalisir,” ujar Eksan.

Oleh karena itu, menurut Eksan fasilitas pendukung protokol kesehatan harus tersedia untuk memudahkan penerapannya. Hal tersebut diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi pengelola, pendidik, peserta didik, dan orang tua.

“Fasilitas cuci tangan harus disediakan yang mudah dipakai anak. Untuk disinfeksi bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan alat sederhana, seperti menggunakan alat semrpot burung dan bahan disinfektan yang mudah didapat di toko,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus PMI Sleman di Bidang Penanggualangan Bencana, Tri Joko Saptono berharap upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 juga bisa diikuti oleh lembaga pendidikan lainnya, terutama menjelang dimulainya pendidikan tatap muka.

“Tidak hanya itu, masyarakat luas pun harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak ya pandemi tidak segera selesai,” ungkapnya. (Tri Joko/KIM Kalasan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts