Satlinmas sebagai Ujung Tombak Pengamanan Proses Pemilu

Gamping – Minggu (7/4/2019) pukul 08.30 WIB, Pemerintah Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman menggelar kegiatan Pembinaan terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilihan umum serentak 17 April 2019 mendatang.

Pembekalan Linmas dihadiri oleh Kapolsek Gamping, Kompol Hendri Multi, Wadanramil 17/Gamping, Kapten Kusno, Kepala Desa Nogotirto, H. Faizin, Sekretaris Desa, serta Yuda Wadana. Giat yang diikuti oleh 116 anggota Linmas ini menghadirkan narasumber Bhabinkamtibmas Nogotirto, Aiptu Eko Yulianto dan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo.

Dalam sambutannya, H. Faizin menyampaikan kepada para anggota Linmas bahwa tugas Linmas adalah menjaga keamanan saat kegiatan pemilu 2019 berlangsung. Pengamanan meliputi logistik yang dikirimkan dari desa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), saat pemungutan suara di TPS, saat penghitungan perolehan suara, serta pengiriman kotak suara dari TPS menuju kantor Kecamatan Gamping.

Aiptu Eko Yulianto menambahkan berkaitan ketugasan Linmas di hari pelaksanaan pemungutan suara mengharapkan seluruh petugas keamanan mengenakan pakaian seragam Linmas serta bersepatu lengkap.

“Apabila menjumpai permasalahan yang mengganggu jalannya pemungutan suara di TPS, Linmas harus dapat menyelesaikan di tempat. Namun jika anggota Linmas tidak dapat menuntaskan permasalahan yang ada, dapat membuat laporan kepada polisi untuk meminta pertolongan,” tutur Bhabinkamtibmas yang ramah ini.

Ketua PPK Gamping selanjutnya memberikan arahan kepada anggota Linmas untuk hadir di TPS tempat bertugas sebelum pukul 07.00 WIB untuk melakukan pengambilan sumpah atau janji sebagai petugas keamanan, bersama anggota KPPS yang berjumlah 7 orang. Selanjutnya petugas Linmas yang berjumlah dua orang berjaga di pintu masuk TPS dan pintu keluar TPS untuk melakukan tugas pengamanan.

Di akhir paparannya, Adnan berpesan kepada seluruh anggota Linmas untuk selalu menjaga netralitasnya serta segera berkoordinasi dengan petugas KPPS dan petugas kepolisian yang ada di TPS jika ada ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan saat berlangsungnya proses pemilu. (Adnan Nurtjahjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts