Seleksi Wawancara KPU Sleman Pilih PPS Berintegritas dan Profesional

Guna menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman di tingkat desa pada bulan September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui beberapa tahapan. Salah satu proses perekrutan PPS adalah wawancara langsung dengan calon yang sudah lolos tes tertulis.

Demi memperlancar proses wawancara terhadap calon PPS, maka KPU Kabupaten Sleman melibatkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Sleman, Kamis (12/3/2020).

Menurut Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Baehaqi yang didampingi Ketua PPK Kecamatan Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo bahwa dalam melakukan wawancara terhadap calon PPS berdasarkan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 tentang Tata Kerja KPU, Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota khususnya Pasal 37A huruf (e).

“Wawancara terhadap calon PPS harus dilakukan untuk mendapatkan kandidat yang mempunyai kompetensi, dan integritas yang baik dalam menjalankan tugas, wewenang, dan kewajiban PPS yaitu membantu KPU Kabupaten dan PPK dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, Daftar Pemilih Sementara, Daftar Pemilih Hasil Perbaikan, Daftar Pemilih Tetap, membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, serta tugas lain yang diberikan sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Baehaqi.

Sesuai data yang dimiliki KPU Kabupaten sleman, jumlah peserta yang mengikuti seleksi wawancara calon PPS di wilayah Kecamatan Gamping berjumlah 28 orang dengan rincian 12 laki-laki dan 16 perempuan yang berasal dari desa Ambarketawang, balecatur, Banyuraden, Nogotirto, dan Trihanggo dengan beragam profesinya.

Adnan menambahkan, setelah proses wawancara ini selesai, para Komisioner KPU Kabupaten Sleman yang berjumlah 5 orang selanjutnya melakukan rapat pleno guna memilih dan menetapkan calon PPS definitif per desa sebanyak tiga orang. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts