Seyegan Sepakati Gunakan Dana Desa untuk Warga Terdampak Covid-19

BPD Desa Margomulyo menggelar Musyawarah Desa Khusus dalam rangka penggunaan Dana Desa untuk BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) di Balai Desa Margomulyo, Minggu (3/5/2020).

Sarjono selaku Ketua BPD Desa Margomulyo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Covid-19 berdampak pada semua aspek di masyarakat, termasuk dampak ekonomi sehingga perlu langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasinya dengan memberikan BLT-DD.

“Untuk itu perlu kiranya data warga yang terdampak Covid-19,” ujar Sarjono.

Ditambahkan Ageng Wijaya, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Seyegan, BLT-DD ini merupakan instrumen terakhir untuk menolong warga terdampak Covid-19.

“Untuk itu jangan sampai salah sasaran dan terjadi overlap dengan bantuan serupa yang ada di masyarakat,” tambahnya.

Suhardjono, selaku Kepala Desa Margomulyo pun melaporkan tentang langkah-langkah yang telah dilakukan dalam penanganan Covid-19 dari pemberian APD ke masyarakat sampai pemberian jatah hidup bagi warga yang isolasi mandiri sejumlah 4 orang.

“Berkaitan dengan data warga terdampak mohon pencermatannya untuk dilakukan validasi, verifikasi dan finalisasi mengingat banyaknya jenis bantuan yang ada di masyarakat,” tandasnya.

Musyawarah ini dipimpin oleh Prasetyo Wijanarko, Kepala Seksi Pelayanan Desa Margomulyo dengan menjelaskan tentang dasar hukum yaitu Permen Desa PDTT no. 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDDT no. 11 Tahun 2019 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Ditambahkannya pula tentang sasaran penerima BLT DD, mekanisme pendataan, metode perhitungan, dan jangka waktu serta besaran BLT-DD.

Dari hasil diskusi peserta musyawarah, akhirnya didapat beberapa langkah langkah konkrit, yakni DD Margomulyo lebih dari 1,2 miliar sehingga mengambil presentase yang terbesar yaitu 35%, jumlah dana BLT disepakati Rp 603.913.800,00, besaran BLT DD Rp 600.000,00 per bulan per keluarga diberikan selama 3 bulan sejak April 2020, serta jumlah penerima BLT DD per dusun adalah 25 KK. (Sutarto Agus/KIM Seyegan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts