Siap dan Sigap Hadapi Bencana Erupsi Merapi

Cangkringan – Gladi Lapang Penanggulangan Bencana bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan penanggulangan bencana sesuai dengan SOP agar lebih siap dan sigap apabila terjadi bencana letusan Gunung Merapi. Demikian disampaikan Suparmono, Camat Cangkringan, di sela-sela sambutannya membuka kegiatan Gladi Lapang Penanggulangan Bencana di Balai Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan, Rabu (18/9/19).

Kegiatan ini dihadiri berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Kecamatan Cangkringan, Perangkat Desa Umbulharjo, SAR DIY, TAGANA Kabupaten Sleman, KSB Merapi Rescue, Koramil Cangkringan, Polsek Cangkringan, Babinsa Desa Umbulharjo, Bhabinkamtibmas Desa Umbulharjo, Tokoh Masyarakat Desa Umbulharjo, Linmas Desa Umbulharjo, PAUD Puspita, dan Masyarakat Terdampak Bencana Merapi.

Disampaikan Suparmono, kegiatan yang berlangsung selama 2 hari hingga Kamis (19/9/19) ini didanai dari anggaran dana desa dan anggaran Kecamatan Cangkringan.

Pada hari pertama, para peserta gladi lapang diberikan materi meliputi kelogistikan, dapur umum, shelter, posko pengungsian, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat). Sementara itu, untuk hari kedua, dilanjutkan dengan simulasi tanggap bencana sesuai dengan materi yang sudah disampaikan pada hari sebelumnya.

Kepala Desa Umbulharjo, Suyatmi menyampaikan berharap gladi lapang ini mampu memberi manfaat saat terjadi bencana utamanya bencana erupsi Merapi.

“Semoga menjadi manfaat dan dapat menjadi pedoman ketika ada bencana erupsi Merapi,” ujarnya. (KIM Cangkringan/Nurul Istiqomah)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts