Sirup Parijoto, Minuman Unik yang Berkhasiat untuk Menguatkan Kandungan

Tanaman Parijoto adalah salah satu tanaman khas yang berada di Kabupaten Sleman. Tumbuh di lereng Gunung Merapi, tanaman ini memiliki buah yang banyak manfaat dan khasiatnya sehingga banyak diolah oleh masyarakat yang berada di wilayah Sleman. Salah satunya adalah Sutanti, warga Dusun Guyangan RT10/RW03 Nogotirto, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, yang mengolah buah Parijoto menjadi produk Sirup Parijoto.

Berawal dari pengalaman pribadinya ketika menggunakan buah Parijoto sebagai obat untuk penyubur dan penguat kandungan bagi dirinya sendiri, Sutanti memiliki ide untuk mengolah buah Parijoto tersebut untuk dijadikan produk sirup yang dapat dimanfaatkan pasangan keluarga yang belum bisa memiliki keturunan.

“Dahulu saya bagikan Sirup Parijoto ini gratis, tetapi setelah saya melihat peluang bisnis di sini maka saya putuskan untuk menjualnya,” ujar Sutanti ketika ditemui di rumahnya pada Jumat (9/7/2021).

Selain obat untuk kandungan, Sirup Parijoto ini dapat digunakan sebagai penambah imunitas bagi tubuh dan obat sariawan maupun mempercepat pengeluaran racun dalam tubuh, karena buah Parijoto memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

“Sirup parijoto memiliki masa kadaluwarsa hingga satu bulan, karena Sirup Parijoto ini diproduksi tanpa bahan pengawet maka dari itu baik dikonsumsi oleh tubuh,” jelas Sutanti.

Sirup Parijoto produksi Sutanti ini memiliki dua varian yaitu dengan campuran gula dan original. Sutanti membuat dua varian tersebut agar Sirup produksinya bisa dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk anak-anak.

“Karena pada kalangan masyarakat beberapa ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes,” tambah Sutanti.

Sutanti mendapatkan bahan baku untuk memproduksi Sirup Parijoto dari para petani tanaman Parijoto yang berada di Lereng Merapi. Harga dari sirup parijoto ini dibandrol dengan harga Rp.50.000 untuk harga konsumen dan Rp.35.000 untuk harga reseller.

Untuk pemasaran, Sutanti menjual produk Sirup Parijoto produksinya di toko miliknya yang berada di daerah Prambanan, Kabupaten Sleman. Selain di tokonya, Sutanti juga memasarkan produknya melalui reseller maupun beberapa e-commers yang ada. (Rep Yoga)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts