Siskamling Wujud Upaya Bersama Peningkatan Kamtibmas

Gamping – Dalam rangka pembinaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) pada pos ronda wilayah padukuhan, Bhintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Trihanggo, Aiptu Rusmanto didampingi Sekretaris Desa Trihanggo, Ridhan Wahyuti, dan Staf Seksi Pemerintahan, Anwar Sudrajat melakukan pembinaan kewaspadaan keamanan di Pos Ronda Rt.01/Rw.26 Keditan, Padukuhan Salakan, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Jumat malam (20/12/2019).

Rombongan Pemerintah Desa Trihanggo disambut secara sederhana dengan duduk lesehan oleh warga dusun Keditan Rt.01/Rw.26 sejumlah 25 orang, termasuk Kepala Padukuhan Salakan, Suyana, Ketua Rukun Warga (RW) 26, Sukirdi, dan Ketua Rukun Tetangga (RT) 01, Taufik.

Aiptu Rusmanto yang juga anggota Kepolisian Sektor Gamping menghimbau kepada segenap warga yang hadir agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat.

“Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas,” tuturnya.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan suatu kebutuhan yang tidak lepas dari jalannya roda pembangunan nasional secara umum, dan khususnya masyarakat untuk menjaga keamanan individu dan lingkungan. Masalah kamtibmas bukan semata-mata tanggung jawab polisi, namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali,” lanjut Aiptu Rusmanto bersemangat.

Hal senada diungkapkan oleh Pemerintah Desa Trihanggo yang diwakili oleh Staf Seksi Pemerintahan, Anwar Sudrajat bahwa kepedulian dan keterlibatan warga dalam pemeliharaan kamtibmas perlu ditingkatkan.

“Untuk mendukung kegiatan keamanan lingkungan dan menambah semangat dalam melaksanakan aktivitas ronda malam, Pemerintah Desa Trihanggo memberikan peralatan pendukung berupa dua tongkat karet, lampu stik pengatur lalu lintas, borgol, jas hujan, dan dispenser untuk air minum. Semoga peralatan ini bermanfaat guna menjaga keamanan lingkungan di sini,” ungkap Anwar.

Di akhir kunjungan pembinaan kamtibmas dilakukan secara simbolis penyerahan bantuan peralatan keamanan oleh Bhabinkamtibmas Desa Trihanggo, Aiptu Rusmanto kepada Ketua RT.01, Taufik, dihadapan warga Dusun Keditan yang hadir memenuhi Pos Ronda. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec. Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts