Siswa MAN 4 Sleman Temukan Inovasi Abon Berbahan Nangka Muda

Sleman – Tiga siswa MAN 4 Sleman melakukan kreasi dan inovasi membuat abon dari nangka muda. Adalah Kevin Ari Aprianto (XI MIPA 1), Nasfa Aulia (XI MIPA 2) dan Radhia Farsya (X MIPA 1) yang menelurkan inovasi abon dari nangka muda ini. Ketiga siswa yang tergabung dalam Manesa Young Researchers (Mayors) dan juga siswa kelas Agribisnis Hasil Pertanian (APHP) ini menemukan inovasi tersebut dari hasil percobaan dari penelitian mereka.

“Abon barbahan nangka ini sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Nangka muda kaya akan vitamin C, antioksidan dan tinggi serat,” terang Kevin pada Rabu (13/4/2022) di MAN 4 Sleman.

Apa yang dibuat oleh ketiga siswa tersebut kemudian diikutkan dalam lomba Business Plan UPY. “Alhamdulillah, produk yang kami kirimkan menjadi finalis National Business Competition 2022. Mohon doa restu dan dukungan semoga meraih juara,” papar Kevin Ari Aprianto.

Selain itu, ada juga respon positif dari Vista Ari Rahmawati, S.Tr.Gz, seorang Nutrisionis Muda dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Vista menanyakan kandungan gizi abon berbahan Nangka muda tersebut. 

“Siapa tahu produk ini nantinya bisa menjadi olahan yang bisa dikembangkan menjadi produk lokal untuk penanganan stunting, isu dan upaya pemerintah mengurangi stuting lagi banyak dibicarakan,” tegasnya. 

Inovasi ketiga siswa tersebut juga mendapat apresiasi dari Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf. “Saya mengapresiasi inovasi anak-anak, semoga semakin sukses.  Ini semakin menegaskan MAN 4 Sleman membekali siswa agar kreatif, berkarakter, ber-entrepreneur dan berkinerja,” kata Yusuf. (Edy S/KIM Moyudan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts