Sleman Gumyak Hadir Meriahkan Jogja Heboh 2020

Sleman- Sleman berencana akan pecahkan 2 rekor MURI untuk tampilan seni jatilan 56 non stop dan fragmen Wanoro Turun Gunung dengan 300 penari.

Demikian disampaikan Sudarningsih, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Selasa (3/3/2020) di Ruang Jumpa Pers, Sekretariat Daerah Sleman.
2 rekor MURI ini dikatakan Sudarningsih akan hadir dalam rangkaian event Sleman Gumyak 2020 yang digagas bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sleman. Event yang berlangsung dalam rangka memeriahkan Jogja Heboh 2020 ini akan diselenggarakan pada 6 hingga 8 Maret 2020 berlokasi di Wisdom Park, Universitas Gadjah Mada.

”Gumyak artinya ramai, meriah, ceria jadi kita inginnya adalah seperti itu,” kata Surdaningsih.
Sudarningsih juga mengatakan bahwa ada 98 booth yang akan berpartisipasi di Sleman Gumyak 2020 ini.

98 booth yang akan berpartisipasi terdiri dari 25 booth festival dan sisanya adalah booth-booth UMKM binaan dinas terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Pertanian Sleman.
Dirinya menargetkan setidaknya 100 ribu pengunjung meramaikan Sleman Gumyak 2020 ini.

Sementara itu, Wawan Harmawan, Ketua KADIN Sleman menambahkan, rangkaian event Jogja Heboh ini bertujuan untuk meningkatkan hunian pariwisata dan transaksi saat low season yang biasanya berlangsung di bulan Februari dan Maret.

”Sasaran event kali ini milenial usia 15-30 tahun, konsep yang disiapkan oleh panitia juga menyesuaikan. Semisal, disediakan zona kuliner kekinian dan business matching yang mengangkat tema tentang start up atau bisnis rintisan,” jelasnya.

Sleman Gumyak 2020 kurang lebih akan melibatkan 2.200 seniman dan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, pada Sabtu (9/3/2020).

Rangkaian acara pembukaan dimulai dengan pawai 18 kelompok seni dari Gelanggang UGM menuju Wisdom Park pada pukul 16.00 WIB. Rute yang dilalui adalah Gelanggang UGM, Jalan Colombo, dan berakhir di ruas Jalan Prof. Dr. Drs. Notonegoro, depan Wisdom Park. Sesampainya di Wisdom Park, akan ada performance fragmen Wanoro Turun Gunung dan penampilan dari Culture Festival.

Sebelum rangkaian acara pembukaan, akan diselenggarakan Cooking Competition berhadiah total 33 juta rupiah (termasuk pajak). Lomba ini diperuntukan bagi junior cook, umum, pelajar, dan mahasiswa di DIY.

Selanjutnya, akan diselenggarakan Cooking Demo oleh Chef Anton dan Chef Edwin, yang mana bersifat gratis bagi 100 pendaftar pertama yang tercatat di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Event Sleman Gumyak 2020 juga menggelar lomba foto dengan tema Fun, Fearless Moment dengan total hadiah 6 juta rupiah (termasuk pajak) bagi 3 orang pemenang. Objek foto terbatas pada keceriaan penampil dan penonton di Sleman Gumyak. (Rep Aldi)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts