Sleman Lakukan Berbagai Persiapan Sambut E-Voting Pilkades

Sleman – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menempuh pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 29 Maret mendatang.

Anggota Tim Teknis Utama, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sleman, Aldrin Yudha Pradana menjelaskan bahwa saat ini persiapan untuk Pilkades dengan e-Voting sampai pada tahap menguji fungsi dan menseting alat sejumlah 1.200 unit.

“Kita melaksanakan sosialisasi ke desa sampai ke tingkat padukuhan, setelah itu ada pelatihan Tim Teknis Lapangan,” katanya saat kegiatan monitoring di Stadion Maguwoharjo, Kamis (12/3/2020).

Ia menyebutkan, Tim Teknis Utama berjumlah 59 orang termasuk dirinya membawahi 1.200 personel Tim Teknis Lapangan.

“Kemarin sudah berjalan pelatihan Tenaga Teknis Lapangan (TTL) di Kampus Amikom dan juga melakukan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke anggota KPPS di desa masing-masing yang berjumlah 49 desa,” ucapnya menambahkan bentuk persiapan dari seluruh tim Pilkades.

Menurut Aldrin, yang dilakukannya di Stadion Maguwo merupakan persiapan seting alat untuk membuat surat suara, konfigurasi alat, sampai uji coba fungsi alat. Pun, ada sertifikasi kepada TTL sebanyak 200 TTL per hari yang dikatakannya akan berlangsung sampai dengan 6 hari.

Berbagai persiapan ini dikatakan Aldrin agar pelaksanaan Pilkades 2020 dengan e-Voting dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Konsep e-Voting ini juga akan memudahkan masyarakat dalam memilih gambar, selain itu e-Voting juga bisa meminimalisasi kecurangan. Hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan Sleman menjadi Smart Regency,” tambahnya. (Rep Septyan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts