Sleman Raih MURI Atas Keberhasilan Mengaplikasikan QRIS

Sleman – Kantor Wilayah BI (Bank Indonesia) Perwakilan DIY mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas keberhasilannya dalam mengaplikasikan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di 16.157 merchant di DIY selama 2 bulan, pada Sabtu (14/3/2020) di Museum Gunung Merapi Sleman.

QRIS ini memang merupakan bagian dari visi yang ditetapkan oleh BI (Bank Indonesia) dalam sistem pembayaran tahun 2025.

“QRIS memiliki berbagai keunggulan, sangat efisien, satu bisa digunakan untuk semua. Yang paling penting, QRIS ini menjadikan seluruh transaksi dan datanya ada di dalam negeri sendiri. Kita menjadi sebuah bangsa yang memiliki dignity dan penggunaannya perlu lebih diakselerasi sebab semua bisa menggunakan dan mudah digunakan,” beber Kepala Kantor BI Perwakilan DIY, Hilman Setiawan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengakui bahwa perkembangan ekonomi digital saat ini menuntut sinergi kerja sama dalam menyusun kebijakan terintegrasi untuk mendorong pertumbuhan nasional yang berlaku juga untuk perkembangan ekonomi digital di DIY termasuk Sleman.

Dikatakannya, upaya yang telah dilakukan antara lain dengan mengoptimalkan peran perbankan daerah, yakni berkolaborasi dengan fintech (finance technology) serta perluasan transaksi digital untuk mempercepat dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut Pemda Sleman melakukan sejumlah upaya antara lain memperluas pembayaran digital untuk penerimaan pendapatan pajak dan retribusi daerah di Kabupaten Sleman,” tambahnya.

Kadarmanta Baskara Aji selaku Sekda DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) pun mengapresiasi program ini. Dia berharap sinergi antara BI dan OJK di DIY melalui QRIS dapat membuat program-program yang sudah baik menjadi lebih baik.

“Sinergi lintas sektor akan meningkatkan kualitas pembangunan Yogjakarta. Penggunaannya mudah, tinggal scan QR Code QRIS. Selain itu, aman untuk transaksi tanpa menggunakan uang tunai,” ungkapnya di kesempatan yang sama. (Rep Aldi)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts