Songsong Pilurah, Condongcatur Persiapkan Gastarlih

Depok – Dalam pemilihan lurah serentak di Kabupaten Sleman 22 Agustus 2021 mendatang, wilayah Kalurahan Condongcatur memiliki jumlah pemilih terbanyak. Karena itu tingkat keberhasilan penyelenggaraan pemilihan di Condongcatur kelak ditentukan oleh tingginya tingkat partisipasi pemilih. Di sinilah peran Gastarlih (Petugas Pendaftaran Pemilih) sangat penting sebagai ujung tombak dalam melaksanakan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih.

Panitia Pemilihan Lurah Tingkat Condongcatur telah melaksanakan bimbingan teknis kepada 82 Gastarlih (Petugas Pendaftaran Pemilih). Dengan ini diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di TPS pun nantinya juga tinggi.

Lurah Condongcatur, Reno Chandra Sangaji menyampaikan selamat bergabung dan bertugas kepada 82 orang Gastarlih dalam pesta demokrasi Pilihan Lurah secara e-voting yang akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2021. “Dalam menjalankan ketugasan coklit (pencocokan dan penelitian) dan mendata pemilih kepada warga di wilayah TPS masing masing, Gastarlih diharapkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat mengingat para Gastarlih ini bekerja di masa pandemi Covid19,” ujar Reno saat memberikan sambutan pada bimbingan teknis Gastarlih di Kantor Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Sabtu (10/4/2021).

Bimbingan teknis untuk Gastarlih ini membekali peserta dengan materi di antaranya terkait persyaratan pemilih, tahapan pendaftaran, dan penetapan pemilih, dan tata cara mencoklit. Berkas pendataan pemilih oleh Gastarlih dikumpulkan paling lambat tanggal 10 Mei 2021 untuk divalidasi dan di-entry oleh panitia yang kemudian akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 31 Mei 2021.(Wuri Handayani/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts