Sosialisasi Internet Sehat Dan Aman Bagi Pengelola Warnet Dan Game Online

IMG_7501Sleman – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menyelenggarakan acara sosialisasi Internet Sehat dan Aman kepada para pengelola warnet dan game online di wilayah Kabupaten Sleman pada hari Kamis (18/9).

Acara yang diselenggarakan di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman ini dihadiri 70 orang peserta yang terdiri dari para pengusaha dan pengelola warnet serta game online.

Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu, menghadirkan nara sumber dari APJIII, Satpol PP, Kantor Pelayanan Perizinan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika.

Materi sosialisasi meliputi internet sehat dan perlindungan anak, pembinaan perizinan usaha warnet dan game online, ketertiban umum dan penegakan hukum,

Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu dalam sambutannya menyampaikan keprihatinannya dengan banyaknya anak-anak yang selama initelah menjadi korban dari penggunaan internet.

Secara khusus Yuni Satia Rahayu meminta kepada para pengusaha dan pengelola warnet dan game online yang hadir untuk lebih memperhatikan anak-anak dan memberikan perlindungan dari penggunaan internet yang tidak sehat.

Wakil Bupati berharap, agar anak-anak di wilayah Sleman mendapatkan keamanan secara fisik dan psikis. Untuk itu, dirinya juga mengajak kepada para orangtua dan masyarakat, khususnya pengelola warnet dan game online untuk turut serta dalam menjaga anak-anak saat mengakses internet. Ditegaskan oleh Wakil Bupati bahwa anak-anak adalah aset bangsa di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Krido Suprayitno melaporkan bahwa di wilayah Sleman terdapat 180 warnet yang sudah berijin. Pertumbuhan warnet dan game online di Sleman tergolong pesat namun belum seluruhnya memiliki kelengkapan legalitas yang diperlukan.

Disampaikan pula salah satu usaha Pemkab Sleman dalam mewujudkan warnet sehat, Pemkab Sleman saat ini sedang memformulasikan Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Usaha Warung Internet (warnet) dan Game Online.

Tujuannya agar keberadaan warnet mampu menjadi bagian infrastruktur pendidikan yang ikut bertanggungjawab terhadap kualitas SDM dalam mengantisipasi meningkatnya kejahatan dan permasalahan sosial yang bersumber dari penggunaan warnet.

Cara untuk mewujudkan warnet yang sehat di antaranya melalui penertiban lokasi jasa usaha warnet dan game online agar tidak lagi diperbolehkan dengan penyekat yang tertutup, yang memungkinkan untuk disalahgubakan.

Demikian pula disarankan dengan pemasangan filter-filter untuk membatasi akses pada situs-situs yang dilarang dan berbahaya. Selain itu, pengusaha warnet diharapkan untuk membatasi anak-anak mengakses internet selama jam sekolah. Apabila siswa berkunjung pada jam sekolah, diharuskan untuk menunjukkan surat ijin atau pemberitahuan dari sekolah untuk keperluan tugas sekolah.

Sunarto dari Satpol PP mengatakan bahwa saat melakukan sidak di warnet dan game online yang pertama ditanyakan adalah kelengkapanperizinan usaha, SIUP untuk ijin warnet, dan TDP untuk game online. Semua proses perijinan tercantum pada Perbup pasal 17 tahun 2013.

Hasil sosialisasi disepakati bahwa upaya menuju masyarakat peduli internet sehat dan aman, menjadi kebutuhan bagi kita bersama. Tentunya beban tidak hanya ditujukan kepada pemerintah, dan masyarakat namun pengusaha dan pengelola warnet juga berkewajiban untuk terlibat secara proaktif menyukseskan warnet yang sehat dan aman, terutama bagi anak-anak.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts