Sosialisasi Pilkada Ajak Masyarakat Aktif Berpartisipasi

Gamping – Terdapat tiga unsur penting suksesnya Pilkada yaitu peserta pemilu, penyelenggara pemilu, dan masyarakat sebagai pemilih. Ini ditegaskan Arjuna Al-Ikhsan Siregar, perwakilan dari Bawaslu Sleman saat memberikan materi pada Sosialiasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sleman di Ruang Rapat lantai II Kantor Kecamatan Gamping, Kamis (10/10/2019).

Peserta sosialisasi terdiri dari unsur perangkat desa, satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas), anggota Badan Permusyawaratan Desa, serta tokoh masyarakat yang berasal dari desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Gamping.

Arjuna melanjutkan, dalam Pilkada membutuhkan peran serta dari masyarakat agar berjalan dengan lancar. “Partisipasi sebagai salah satu kunci suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sleman. Selanjutnya, tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya merupakan wujud legitimasi rakyat terhadap kepala daerah terpilih,” ungkap Arjuna.

Sementara itu, Aswino Wardhana dari KPU Sleman selaku narasumber kedua dalam sosialisasi mebeberkan terkait tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman tahun 2020.

Aswino juga berharap agar masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman yang sebentar lagi akan dimulai. “Masyarakat dapat berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, tingkat desa, maupun kelompok penyelenggara pemungutan suara di tingkat padukuhan,” tutur Aswino.

Sosialisasi Pilkada serentak tahun 2020 ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gamping, Trisno Sunardi, Kepala Seksi Ketahanan Nasional Bakesbangpol Sleman, Eko Nugroho, Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Aswino Wardhana, beserta Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman, Arjuna Al-Ikhsan Siregar sebagai narasumber yang dipandu oleh Adnan Iman Nurtjahjo sebagai moderator. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts