Startup Weekend G45 Space Wadah Bagi Para Startup Enthusiast Jogja

Ngaglik – Untuk mengembangkan ekosistem startup di Yogyakarta, G45 Space menjadi tuan rumah untuk kegiatan startup weekend yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari Jumat (15/11/2019) hingga Minggu (17/11/2019) di G45 Co-working Space, Jalan Watugede, Ngaglik, Sleman. Diadakannya acara ini juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi para startup enthusiast Yogyakarta.

“Anak muda zaman sekarang itu punya banyak ide cuma bingung mulainya dari mana. Jadi G45 Space ingin memberikan wadah sekaligus ngumpulin orang-orang buat kolaborasi karena di Yogyakarta sendiri sebenernya banyak startup tapi pada jalan sendiri-sendiri,” kata Mei Marketing Communication G45 Space.

Adanya startup weekend ini disambut baik para startup enthusiast. Andre, salah satu peserta yang merupakan mahasiswa AKAKOM mengakui akhirnya menemukan tempat untuk merealisasikan idenya yaitu Difable Voice berbicara dengan menggunakan mikrofon lalu terekam dalam aplikasi yang akan dikonversikan ke dalam tulisan. Tujuannya adalah untuk membantu teman-teman difabel.

Selama tiga hari para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman membangun sebuah startup. Hari pertama para peserta akan dipertemukan untuk saling berkenalan, pitching ide startup terbaik di mana dari 23 peserta harus menyalurkan idenya. Setelah terkumpul 20 ide, terpilihlah 4 ide terbaik yang akan dikerjakan oleh para peserta. Hasil ini diperoleh dari banyaknya jumlah stiker yang diberikan oleh panitia kepada peserta untuk memilih ide yang dia suka dari temannya kemudian membentuk tim yang terdiri dari hacker (programmer), hipster (desainer), dan hustler (pebisnis).

Hari kedua, para peserta mengikuti beberapa workshop seperti Market Validation Research yang mengajarkan peserta untuk mengenali lebih dalam terkait dengan target pasar mereka, Workshop Bussiness Model Canvas dimana para peserta diajak untuk menjelaskan secara visual terkait proses bisnis mereka dan proses ini dibantu oleh para mentor, Workshop Prototyping yang bertujuan untuk membuat pitch deck, dan Pitching Workshop yang berguna ketika akan melakukan pitching dengan di depan para investor.

Hari terakhir, saatnya para peserta untuk merepresentasikan hasil proses mereka di hadapan para juri yang akan dinilai dan diberi masukan. Akhir acara ditutup dengan awarding (penentuan juara).

“Setelah acara ini selesai, nanti akan ada keberlanjutan di tanggal 25 November 2019 dalam acara Startup Community untuk diberikan mentoring lanjutan siapa tahu ada yang beneran jadi kan,” ujar Mei menjelaskan tentang kelanjutan acara startup weekend saat dihubungi oleh penulis Kamis (21/11/2019).

Acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kumpul dan Techstars yang merupakan salah satu pemegang lisensi program startup weekend dari Google for Startup sehingga program ini secara global turut didukung oleh Google for Startup yang sudah diadakan di 160 negara dan kota-kota yang sudah berpartisipasi 1.800 di seluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri telah diadakan startup weekend di beberapa kota seperti Batam, Jakarta, BSD, Palembang, Pekanbaru, Bali, Bandung, Manado, dan Yogyakarta. (Rep Bilal)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts