Sukoharjo Lantik Panitia Pendaftaran Pemilih

Ngaglik – Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) Desa Sukoharjo resmi dilantik pada Sabtu (14/3).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman Muhammad Sidqi dalam arahannya menyampaikan bahwa Pantarlih adalah ujung tombak suksesnya Pemilu karena ada 3 tugas pokok yang harus dilaksanakan.

Pertama, mendaftar semua warga negara dengan kriteria, yakni sudah berumur 17 tahun sampai 17 April 2019, atau belum umur 17 tahun tapi sudah nikah, TNI dan Polri yang sudah pensiun atau purna tugas dengan bukti SK Pensiun, dan mahasiswa luar DIY untuk dicatat agar bisa dikonfirmasi memilih di mana atas dasar NIK

Kedua, mencoret calon pemilih yang setelah dicoklit sudah meninggal dunia, pindah tempat, dan tidak memenuhi syarat pemilih

Ketiga, pendata ini bagian yang sangat penting dan menentukan karena setelah didaftar dalam coklit mulai 17 April 2018 sampai dengan 17 Mei 2017 selama 1 bulan penuh coklit harus dilaksanakan setelah pencocokan dan penelitian calon pemilih didata menjadi Data Sementara calon pemilih sampai menjadi Data Pemilih Tetap sampai Agustus 2018.

Tahapan-tahapan harus ditepati karena Pantarlih tidak boleh kerja di belakang meja tapi harus terjun langsung dari rumah ke rumah dan harus mendata semua. Data Pemilih Tetap didapatkan melalui proses panjang sejak Mei selesai coklit sampai dengan agustus 2018.

Sementara itu, Kepala Desa Sukoharjo Hadi Subronto, menyambut baik pelatinkan Pantarlih ini. Pun, menyatakan kesiapannya melaksanakan tahapan Pemilu tahun 2019 yang sudah dimulai dengan Pelantikan Pantarlih sekaligus pembekalan coklit yang akan dilakukan mulai 17 April mendatang.

Kepala Desa berpesan agar Pantarlih melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan terima kasih atas bantuan dan dukungannya untuk suksesnya pemilu 2019 yang akan datang.

Selain itu, Ketua PPS Desa Sukoharjo Dita Henry Irawan setelah melantik Pantarlih mengharapkan kerjasama dan koordinasi dalam melaksanakan tugas di lapangan utamanya dalam melaksanakan coklit selama 1 bulan ini.

“Apabila Pantarlih ada permasalahan terkait coklit segera dikoordinasikan untuk dicarikan solusi, dan bisa langsung ke PPS Desa Sukoharjo, apabila di PPS ternyata belum bisa diselesaikan maka bisa ke PPK Ngaglik sehingga permasalahan bisa cepat diselesaikan,” ujar Henry. (Suripto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts